Sukses

Rekrut Striker Belia, Manajer Liverpool Punya Rapor Hebat

Liverpool baru mendatangkan Dominic Solanke (19) dari Chelsea.

Liputan6.com, Liverpool - Manajer [Liverpool](Liverpool "") Jurgen Klopp mendatangkan Dominic Solanke sebagai rekrutan pertamanya pada musim panas ini. Jika melihat usianya yang masih 19 tahun, Solanke bisa memikul beban berat untuk menempati lini depan The Reds.

Tetapi, patut diperhatikan dengan apa yang akan terjadi pada Solanke bersama [Liverpool](Liverpool "") ke depannya. Karena, sejak berkarier di Borussia Dortmund, Klopp merap memiliki tuah ketika mendatangkan pemain berusia 21 tahun atau di bawahnya.

Yang paling fenomenal adalah Robert Lewandowski. Ketika didatangkan dari Lech Poznan pada 2010, Lewandowski masih berusia 21 tahun. Di tangan Klopp, Lewy sapaan akrab Lewandowski menjelma menjadi striker berbahaya di Bundesliga. Raksasa Jerman Bayern Munich pun beruntung bisa mendapatkannya secara gratis. Kualitas Lewy pun menjadi buruan Real Madrid dalam beberapa musim panas terakhir.

Bek Mats Hummels bisa menjadi rekrutan muda Klopp tersukses berikutnya. Didatangkan dari Bayern pada 2009 saat berusia 20 tahun. Klopp ketika itu melihat Hummels sebagai pemain terbuang di Allianz Arena. Namun, pada dua musim lalu, Hummels diminta pulang ke klub yang melahirkannya, Bayern.

Neven Subotic dan Kevin Prince Boateng juga menjadi pemain hebat yang pernah direkrut Klopp. Keduanya didatangkan pada 2008, Subotic berusia 19 tahun sedangkan Boateng 20 tahun. Namun nasib memisahkan keduanya. Subotic sukses menjadi tandem Hummels di Dortmund, sementara Boateng justru sukses bersama AC Milan dan FC Schalke 04.

Sven Bender dan Kevin Grosskreutz

Ada juga Sven Bender (20) serta Kevin Grosskreutz (20). Keduanya pemain serbabisa bersama Klopp. Selain menjadi bek tengah, Bender bisa menjadi gelandang. Begitu juga Grosskreutz yang piawai menjadi fullback serta pemain sayap. Keduanys sama-sama direkrut pada 2009 silam. Tetapi, Bender masih bersama Dortmund saat ini sedangkan Grosskreutz berstatus beban transfer.

Nama lain yang menjulang di tangan Klopp adalah Shinji Kagawa dan Ilkay Gundogan. Kedua pemain itu kunci kesuksesan Dortmund meraih gelar ganda musim 2011/12. Hingga akhirnya Kagawa direkrut Manchester United pada muskm berikutnya.

Selain Solanke, Klopp juga pernah melakukan perekrutan pemain muda di Liverpool. Marko grujic dibeli Klopp dari Red Star Belgrade pada musim dingin 2015/16. Hanya, pada musim lalu Grujic cuma tampil dalam delapan pertandingan. Kendati demikian, masa depannya diprediksi cerah untuk lini belakang The Reds.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.