Sukses

Persiba Akhirnya Pulang Kampung ke Balikpapan

Persiba akhirnya pulang kampung ke Balikpapan setelah tiga bulan meminjam Stadion Gajayana Malang.

Liputan6.com, Balikpapan - Pemain dan ofisial Persiba akhirnya pulang kampung ke Balikpapan setelah tiga bulan meminjam Stadion Gajayana Malang. Tim "Beruang Madu" sepertinya bisa kembali memanfaatkan Stadion Parikesit dan Stadion Batakan Balikpapan.

"Pemain Persiba sudah ada di Balikpapan," Media Officer Persiba, Alfiansyah, Kamis (1/6).

Persiba akan memanfaatkan Stadion Parikesit guna menggelar dua laga kandang melawan Borneo FC (3 Juni) dan Bhayangkara FC (19 Juni). Setelah itu, Persiba akan pindah kandang untuk mencicipi markas barunya di Stadion Batakan Balikpapan.

Alfiansyah mengatakan, tim Persiba sudah mulai menggelar latihan di Stadion Batakan yang menelan biaya pembangunan hingga Rp 1,2 triliun. Stadion berkapasitas 40 ribu penonton ini diproyeksikan sebagai kandang baru Persiba.

Pengurus Persiba sedang membenahi kembali sarana prasarana Stadion Parikesit sesuai standar PT Liga Indonesia Baru. Pertamina memberikan izin pemanfaatan kembali Stadion Parikesit dalam menggelar pertandingan Liga 1 Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan Pemkot

Pemerintah Kota Balikpapan bertekad menuntaskan pembangunan akses masuk Stadion Batakan sepanjang 200 meter. Kas daerah Balikpapan akhirnya makin terkuras sebesar Rp 10 miliar guna menghubungkan jalan besar dengan stadion ini.

"Sudah disisihkan di APBD perubahan Rp 10 miliar untuk jalan saja," kata Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendy.

Rizal mengatakan, anggaran ini berasal dari perubahan APBD Balikpapan 2017 yang mendahului pembahasan anggaran. Menurutnya, tim Persiba secepatnya harus mendapatkan lokasi kandang baru sejak terusir dari Stadion Parikesit Balikpapan dan jeblok kala bermain di Stadion Gajayana Malang.

"Kami harus mengejar penyelesaian pembangunan Stadion Batakan," ungkapnya.

Namun demikian, Rizal mengakui, anggaran Rp 10 miliar ini hanya mencukupi untuk kebutuhan pembangunan akses jalan masuk Stadion Batakan. PT Liga Indonesia sudah mensyaratkan pembangunan akses jalan masuk dan parkiran kendaraan bermotor Stadion Batakan.

"Itu Rp 10 miliar tidak cukup, hanya jalan saja kalau parkir harus ditambah,” ungkapnya.

Pemkot Balikpapan menargetkan pembangunan akses jalan dan area parkir Stadion Batakan bisa dituntaskan sebulan ke depan. Meskipun belum tahu total anggaran yang dibutuhkan, Rizal meminta segera dilakukan pengerasan kawasan yang nantinya dijadikan akses masuk dan tempat parkir Stadion Batakan.

"Yang terpenting meratakan dulu tanahnya, pakai pengurukan. Selain itu yang penting jalan masuk itu memang mendesak," katanya seraya menambahkan target pengerjaanya tuntas awal Juli nanti.

3 dari 3 halaman

Sebulan di Parkesit

PT Pertamina (Persero) juga sudah mengizinkan pemanfaatan Stadion Parikesit bagi tim Persiba. Syarat utama, Persiba hanya diperkenankan mempergunakan stadion ini selama sebulan.

"Selama sebulan saja sejak tanggal 1 hingga 30 Juni nanti," kata Humas Pertamina Balikpapan, Alicia Irzanova.

Alicia mengatakan, Pemkot Balikpapan bersurat meminta izin sebulan pemanfaatan Stadion Parikesit sebelum dibongkar imbas perluasan kilang minyak Pertamina. Pertamina sendiri terburu waktu penuntasan proyek perluasan kilang Balikpapan yang totalnya menelan dana investasi Rp 60 triliun.

"Sesuai permintaan hanya sebulan Juni mendatang saja," ungkapnya.

Abelda Gunawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.