Sukses

Pemandu Bakat Awasi Aksi Timnas Vs Brasil di Turnamen Toulon

Aksi Timnas Indonesia U-19 Kontra Brasil Dicermati Pemandu Bakat

Liputan6.com, Toulon - Timnas Indonesia U-19 tengah berlaga di Turnamen Toulon 2017 yang berlangsung di Prancis, 29 Mei-10 Juni 2017. Selain jadi bagian persiapan Garuda Muda menghadapi Piala AFF U-19, ajang ini juga jadi panggung pemain di depan para pencari bakat. 

 

Pemandu bakat klub-klub elite Eropa berkeliaran di turnamen legendaris yang dihelat di Prancis 29 Mei-10 Juni. Walau Turnamen Toulon 2017 tak masuk agenda resmi FIFA atau UEFA, ajang yang sudah 45 kali dihelat ini selalu diikuti negara-negara top.

Banyak pemain tenar dunia lahir di ajang ini.

Javier Mascherano (Argentina), Alan Shearer (Inggris), Rui Costa (Portugal), Hugo Lloris, Thierry Henry (Prancis), bakatnya ditemukan di ajang yang diikuti tim-tim level usia 17 hingga 20 tahun tersebut.

Di edisi 2017 para talent scouting berdatangan dari berbagai negara, untuk melihat langsung kiprah pemain belia.

Jelang turnamen digelar beberapa klub Eropa membuka penawaran ke sejumlah bintang muda yang jadi bagian tim kontestan Turnamen Toulon 2017. Sebut saja Liverpool dan Manchester United yang diberitakan situs bleacherreport mengincar gelandang serang Brasil, Fabricio Oya.

Gelandang berusia 16 tahun tersebut tampil penuh dalam duel melawan Timnas Indonesia U-19 yang berkesudahan 1-0 buat Tim Samba di Stade d'Honneur Marcel Roustan, Prancis, Kamis (1/6/2017) dini hari WIB. Gol kemenangan negara pengoleksi lima gelar Piala Dunia tersebut dilesakkan, Gabriel Novaes pada menit 37.

Pertandingan Tim Merah-Putih kontra Selecao dipilih jadi salah satu pertandingan yang disiarkan langsung. Indonesia tidak pernah berbicara di percaturan sepak bola dunia bisa beruntung bisa menjajal Brasil yang jadi incaran pemandu bakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencari Bakat Berkeliaran

Sebelumnya salah satu pemain belia Tanah Air, Evan Dimas, menikmati keuntungan turun dalam uji coba Timnas Indonesia U-19 melawan Barcelona B pada bulan September 2014. Aksi Evan ditonton oleh talent scouting klub Spanyol, Llagostera. Evan sempat menjalani sesi trial di klub tersebut.

Kans buat pemain-pemain gres Timnas Indonesia U-19 mengikuti jejak Evan Dimas terbuka lebar. Tim Garuda Muda tampil cukup apik saat menjajal Brasil. Komentator berbahasa Inggris memuji penampilan timnas kita, yang di luar dugaan bisa mengimbangi permainan Tim Samba.

Situs resmi Turnamen Toulon 2017 menyebut skuat asuhan Indra Sjafri cenderung menguasai pertandingan, terutama pada paruh kedua. Hanis Saghara Putra dkk. banyak melakukan passing kombinasi yang merepotkan Brasil.

Memegang kendali ball ossession, Timnas Indonesia U-19 disebut bermain amat solid dan menciptakan potensi peluang emas. Di sisi lain Brasil dianggap tidak banyak melakukan pergerakan yang membahayakan pertahanan Tim Merah-Putih. Namun, style bermain mereka dinilai lebih efektif. Akankah performa ciamik para pemain timnas membawa berkah dengan munculnya tawaran dari klub-klub Eropa?

(Artikel asli ditulis Ario Yosia/Bola.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.