Sukses

Latih Barcelona, Valverde Tertantang Samai Prestasi Guardiola

Sebelumnya Valverde sempat bermain untuk Barcelona pada 1988-1990 .

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih anyar Barcelona, Ernesto Valverde, merasa tertantang untuk menyamai prestasi yang telah dicapai pendahulunya, mulai dari Johan Cruyff, Pep Guardiola, hingga Luis Enrique. Namun, dia akan membawa gaya bermain yang agak berbeda meski mempertahankan Tiki Taka khas Barca.

Valverde resmi dikenalkan sebagai pelatih Barcelona pada Kamis (1/6/2017) kemarin waktu setempat oleh presiden klub Josep Maria Bartomeu dan wakil presiden olahraga Jordi Mestre. Dia menandatangani kontrak berdurasi dua tahun dengan opsi satu tahun perpanjangan.

"Pendahulu saya semuanya adalah pelatih berkualitas tinggi seperti Luis Enrique, Tito Vilanova, Guardiola dan Johan Cruyff. Ketika saya memikirkannya, saya menyadari bahwa ini adalah tantangan yang saya inginkan," kata Valverde dilansir dari laman resmi klub.

Mantan entrenador Athletic Bilbao tersebut merupakan pelatih ke-57 yang dimiliki Blaugrana sejak didirikan pada 1899 silam. Sebelumnya, Valverde sempat bermain untuk Barcelona pada 1988-1990 dan ikut mengantarkan tim Catalan ini juara Piala Winners serta Copa del Rey.

"Saya sangat berterima kasih kepada presiden dan dewan klub yang memilih saya. Ini adalah tanggung jawab yang besar dan saya berharap bisa membayar kepercayaan diri itu," kata bos baru tersebut.

"Gaya Barça dikenal di seluruh dunia. Tapi saya punya gagasan lebih jauh yakni menyesuaikan diri saya dengan memberinya sentuhan yang menarik. Saya akan menggeser gaya bermain agar kami bisa memenangkan bola dengan cepat," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.