Sukses

Lewati Madrid, MU Jadi Klub Paling Berharga di Eropa

Manchester United (MU) melengkapi dominasi klub-klub Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) memang belum mampu mengembalikan era kejayaannya pada musim ini. Di bawah rezim Jose Mourinho, tim berjuluk Setan Merah tersebut kembali gagal menjuarai Premier League musim ini.

Namun para pendukung MU sedikit lega karena musim depan tim kebanggaannya bakal kembali tampil di Liga Champions. Tiket ini didapat setelah MU menjuarai Liga Europa dengan mengalahkan Ajax Amsterdam.

Di luar prestasi tim, suporter Setan Merah juga pantas berbangga. Pasalnya, nilai jual MU ternyata paling tinggi dibanding tim-tim elite Eropa lainnya.

Lembaga keuangan KPMG seperti dilansir AS telah meneliti keuangan 39 klub Eropa berdasarkan popularitas di media sosial, pemasukan pada musim 2014-2015 dan 2015-2016, serta kesuksesan di kompetisi Eropa. Selanjutnya KMPG mengurutkan rangking klub-klub tersebut dengan memperhatikan nilai jual perusahaan.

Ukuran akuntansi digunakan untuk menakar berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli klub atau perusahaan, termasuk total hutang usaha di mana KPMG menggunakan rumus khusus untuk menentukan nilainya.

Hasilnya, MU berada di urutan teratas dengan nilai setara 3 miliar euro. Setan Merah menjadi tim pertama yang mampu menembus angka tersebut. Meski prestasi cenderung mendurun di antara 2014 hingga 2016, nilai jual Setan Merah masih lebih tinggi dari raksasa La Liga, Real Madrid dan Barcelona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Klub Inggris Mendominasi

Di posisi keempat bercokol wakil Jerman, Bayern Munich. Sementara Manchester City tahun ini berhasil menggusur Arsenal dari urutan kelima. Kedua klub ini sama-sama bernilai di bawah 1,7 miliar pound sterling.

Empat posisi berikutnya dihuni masing-masing Chelsea, Liverpool, Juventus, dan Spurs. Ini berarti enam dari 10 besar masih dikuasai tim Liga Inggris.

Kepala Olahraga Global KPMG, Andre Sartori mengatakan, nilai agregat klub sepak bola elite di Eropa mewakili keseluruhan nilai sepak bola sebagai sebuah industri telah berkembang. Menurutnya, hal itu dipengaruhi bisnis penyiaran yang semakin berkembang. Aspek komersil yang sudah merambah penjuru dunia dan di balik semua itu, adalah pengelolaan yang berkesinambungan.

"Dalam hal nilai hak siar televisi, Premier League berada dalam sudah nyaman di puncak dari liga-liga Eropa, meskipun liga-liga utama lainnya memiliki strategi yang baik untuk bersaing memperebutkan suporter global," kata Sartori.

3 dari 3 halaman

Berikut 10 Klub Paling Elite di Eropa

No Klub Negara Estimasi Nilai
1 Manchester United (Inggris) 3.095
2. Real Madrid (Spanyol) 2.976
3 Barcelona (Spanyol) 2.765
4 Bayern (Jerman) 2.445
5 Manchester City (Inggris) 1.979
6 Arsenal (Inggris) 1.956
7 Chelsea (Inggris) 1.599
8 Liverpool (Inggris) 1.330
9 Juventus (Italia) 1.218
10 Tottenham (Inggris) 1.011

1 dalam juta euro

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Premier League

Video Terkini