Sukses

5 Turnamen Sepak Bola Paling Bergengsi di Dunia

Sepak bola menjadi magnet bagi penduduk di berbagai belahan dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola menjadi magnet bagi penduduk di berbagai belahan dunia. Kompetisi apa pun mulai dari event kampung hingga negara selalu mendatangkan penonton yang tak sedikit.

Piala Afrika bisa menjadi salah satu contoh. Tiket turnamen itu selalu terjual habis sebelum dimulai.

Dengan tujuh gelar, Mesir telah menjadi tim paling sukses dalam sejarah turnamen ini. Turnamen terakhir diadakan di Equator Guinea pada tahun 2015 dengan Pantai Gading sebagai juaranya.

Lalu selain Piala Afrika, ada lima turnamen yang juga tak kalah bergengsi di dunia. Apa saja turnamen tersebut, berikut daftarnya seperti dilansir FootyJokes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Copa Libertadores

Copa Libertadores adalah sebuah turnamen sepak bola besar yang dapat dianggap setara dengan Liga Champions Eropa dalam hal basis penggemar dan popularitasnya di seluruh dunia. Turnamen ini dimulai pada tahun 1960 dan Bridgestone selalu menjadi sponsor utama.

Kompetisi ini selalu tampil dengan format yang berbeda, termasuk memperbolehkan runner-up dari masing-masing kompetisi domestik untuk ikut serta. Sebelumnya, hanya tim juara di liga Amerika Selatan yang bisa ambil bagian dalam turnamen ini.

Klub Argentina, Independiente adalah tim paling sukses di turnamen ini dengan tujuh gelar. Juara bertahan saat ini adalah wakil Argentina lainnya, San Lorenzo.

3 dari 6 halaman

4. Copa America

Copa America adalah sebuah turnamen sepak bola besar yang aslinya bernama South American Football Championship. Di tingkat internasional, ini adalah salah satu kompetisi sepak bola tertua di dunia.

Uruguay adalah tim paling sukses dengan koleksi 15 gelar. Sementara Meksiko, Kosta Rika, dan Amerika Serikat adalah tim reguler yang tampil di liga ini dua dekade terakhir.

Turnamen ini selalu dinantikan di seluruh penjuru dunia. Pasalnya bintang Amerika Latin seperti Neymar, Lionel Messi, Luis Suarez, hingga Alexis Sanchez tampil dalam turnamen ini.

4 dari 6 halaman

3. Piala Eropa

Acara olahraga besar ini dimulai sejak tahun 1960 dan masih dimainkan dengan gairah dan semangat yang sama. Turnamen ini populer disebut Euro di seluruh dunia.

Puluhan ribu penggemar rela mengantre demi menjadi saksi hidup turnamen ini. Bahkan, Piala Eropa disebut sebagai turnamen terbesar kedua setelah Piala Dunia.

Jerman dan Spanyol sama-sama sukses dengan meraih tiga gelar sejauh ini. Prancis mengikuti mereka dengan dua gelar. Portugal merupakan juara bertahan turnamen ini.

5 dari 6 halaman

2. Liga Champions

Dikenal sebagai liganya para jawara, Liga Champions adalah salah satu kompetisi klub paling menghibur dan glamor di dunia. Pada tahun 2013, ini adalah turnamen olahraga paling banyak ditonton di dunia.

Acara ini dimulai pada tahun 1955 dan popularitasnya mulai meningkat dari hari ke hari. Turnamen tersebut dimulai pertengahan Juli setiap tahun dan tim teratas yang memenangi gelar tersebut lolos ke Piala Dunia Antarklub dan Piala Super Eropa

Tim paling sukses di turnamen ini adalah raksasa Spanyol Real Madrid yang telah merebut 11 gelar. Mereka bahkan bisa meraihnya lagi andai bisa menang atas Juventus akhir pekan nanti.

6 dari 6 halaman

1. Piala Dunia

Ketika Piala Dunia dimulai, maskapai penerbangan selalu kehabisan tiket. Hotel-hotel dipesan dan pendapatan negara tuan rumah meningkat secara dramatis.

Begitulah keriangan dari turnamen sepak bola ini yang dihadiri oleh jutaan orang di seluruh dunia. Piala Dunia adalah ajang global yang dimulai sejak tahun 1930 dan telah dimainkan sampai sekarang.

Pada 1942 dan 1946 turnamen tidak digelar karena Perang Dunia. Gengsi Piala Dunia sangat tinggi sehingga setiap pelaku sepak bola pasti ingin turun dalam kompetisi ini.

(Indra E Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.