Sukses

Final Liga Champions: Adu Mahal Skuat Juventus dan Real Madrid

Perbandingan harga pemain di Juventus dan Real Madrid menjadi menarik diperbincangkan.

Liputan6.com, Cardiff - Final Liga Champions 2016/17 antara Juventus vs Real Madrid di Cardiff, Minggu (4/6/2017) dini hari WIB bisa dibilang sangat menarik dibahas dari segi apa pun. "Perang" harga skuat utama ternyata juga menarik digarisbawahi.

Melihat harga skuat, jelas Real Madrid di atas kertas sangat unggul. Dari skuat utama mereka, bila dijumlah dan dikutip dari Transfermarkt, totalnya mencapai 466 juta euro.

Harga itu baru dilihat dari skuat utamanya. Real Madrid memang terkenal sangat jor-joran ketika membeli pemain. Bersama Zinedine Zidane, nilai itu sebenarnya sudah ditekan.

Cristiano Ronaldo, sudah ditebak menjadi pemain paling mahal. Meski sudah berusia 33 tahun, harganya masih menyentuh 100 juta euro. Sedang, harga terkecil dalam skuat utama dipegang Danilo yang bernilai sekitar 16 juta euro.

Di kubu Juventus, nilai skuat utamanya cuma berkisar 294 juta euro saja. Cukup kecil memang, sebab mereka rata-rata dihuni pemain yang tak lagi muda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nilai Buffon

Gianluigi Buffon contohnya. Dia tercatat cuma bernilai 2 juta euro, pun demikian dengan Andrea Barzagli. Harga termahal dipegang oleh Gonzalo Higuain yang bernilai 75 juta euro, diikuti Paulo Dybala 50 juta euro.

Patut diingat, harga ini cuma gambaran saja dan sesuai klausul si pemain. Namun, andai ada yang menawar, biasanya klub bisa menaikkan harga si pemain dua sampai bahkan lima kali lipat dari harga aslinya.

Patut menarik memang dinantikan, apakah harga skuat ini bisa mempengaruhi hasil final? Sepertinya tidak, karena sepak bola, terutama di final, tak bisa sama sekali diprediksi. So, mari kita nantikan saja.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Susunan Pemain Kedua Tim Berdasar Harganya:

Juventus (294 juta euro):

Gianluigi Buffon (2 juta euro); Giorgio Chiellini (10 juta euro), Leonardo Bonucci (40 juta euro), Andrea Barzagli (2 juta euro); Alex Sandro (30 juta euro), Samy Khedira (23 juta euro), Miralem Pjanic (38 juta euro), Dani Alves (6 juta euro); Mario Mandzukic 18 juta euro),  Paulo Dybala (50 juta euro); Gonzalo Higuain (75 juta euro)

Real Madrid (466 juta euro):

Keylor Navas (18 juta euro); Marcelo (32 juta euro), Raphael Varane (35 juta euro), Sergi Ramos (40 juta euro), Danilo (16 juta euro); Luka Modric (45 juta euro), Casemiro (25 juta euro), Toni Kroos (60 juta euro); Isco (35 juta euro); Karim Benzema (60 juta euro), Cristiano Ronaldo (100 juta euro)

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.