Sukses

Juara Liga Champions, Real Madrid Ciptakan Sejarah

Real Madrid menang 4-1 atas Juventus di Stadion Millennium, Cardiff, Wales, Sabtu (3//6/2017) pada final Liga Champions.

Liputan6.com, Cardiff - Real Madrid juara Liga Champions. Los Blancos --sebutan Real Madrid-- menang 4-1 atas Juventus di Stadion Millennium, Cardiff, Wales, Sabtu (3//6/2017) atau Minggu dini hari WIB.

Kemenangan ini membuat sejarah baru bagi sepak bola Eropa. Real Madrid menjadi tim pertama yang berhasil mempertahankan gelar setelah format kompetisi menjadi Liga Champions pada 1992/93.

Laga baru berjalan empat menit, Juventus langsung menebar ancaman. Gonzalo Higuain melepaskan sepakan kaki kanan dari jarak jauh. Bola mendatar hasil sepakannya masih bisa diamankan kiper Real Madrid, Keylor Navas.

Navas melakukan penyelamatan gemilang pada menit keenam. Dia menepis sepakan mendatar Miralem Pjanic yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang Los Blancos (sebutan Real Madrid).

Menit ke-12, Toni Kroos berhasil mencuri bola dari kaki Paulo Dybala. Namun, Dybala langsung melakukan tekel kepada Kroos. Hal ini malah berbuah kartu kuning untuk penyerang Argentina itu.

Cristiano Ronaldo mencetak gol pada menit ke-20. Mendapat umpan tarik dari Dani Carvajal, tembakan Ronaldo mengarah ke pojok kanan gawang Juventus. Gianluigi Buffon tak bisa menghentikan laju bola.

Namun, keunggulan itu tak berlangsung lama. Enam menit kemudian, Juventus berhasil menyamakan kedudukan. Tendangan salto Mario Mandzukic dari dalam kotak penalti tak bisa dihentikan Keylor Navas. Mantan pemain Bayern Muenchen itu berhasil memanfaatkan umpan sundulan Gonzalo Higuain.

Pemain Juventus rayakan gol Mario Mandzukic ke gawang Real Madrid (Javier SORIANO / AFP)

Selepas gol tersebut, Juventus semakin menekan pertahanan tim besutan Zinedine Zidane. Pada menit ke-34, eksekusi tendangan bebas Paulo Dybala tidak bisa menembus pagar hidup Real Madrid.

Buffon melakukan penyelamatan pada menit ke-44. Dia menangkap bola hasil umpan lambung Dani Carvajal yang mengarah ke Ronaldo. Hingga babak pertama antara Real Madrid melawan Juventus berakhir, skor imbang 1-1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Real Madrid dan Juventus saling silih berganti menguasai lapangan tengah. Los Blancos memperoleh peluang pertama di babak kedua pada menit ke-55. Luka Modric melepaskan sepakan kaki kanan dari jarak jauh. Bola hasil sepakannya masih bisa ditangkap Buffon.

Tiga menit kemudian, Isco mengancam gawang Juventus dengan tembakannya dari luar kotak penalti. Sayang, akurasi sepakannya malah tidak menemui sasaran.

Los Blancos tak percuma melepaskan tembakan jarak jauh. Pada menit ke-61, Casemiro menyepak bola dari jarak jauh dengan kaki kanannya. Bola yang mengarah ke pojok kanan gawang Juventus tak bisa dihentikan Buffon.

Tiga menit kemudian, Los Blancos kembali mencetak gol ke gawang Buffon. Umpan Luka Modrid berhasil disambar Ronaldo, Buffon tak bisa menghentikan laju bola. Ini merupakan gol ke-12 Ronaldo pada Liga Champions musim ini.

Ekspresi bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, setelah membobol gawang Juventus, pada laga final Liga Champions, di Stadion Millenium, Cardiff, Minggu (4/6/2017). (AFP/Javier Soriano).

Ronaldo hampir saja mencetak gol ketiganya pada menit ke-73. Mendapat umpan silang mendatar dari Marcelo, Ronaldo langsung menyepak bola. Tapi, akurasi sepakan mantan pemain Manchester United itu tidak menemui sasaran.

Si Nyonya Tua hampir saja memperkecil kedudukan. Pada menit ke-82, Alves melepas umpan lambung usai mengeksekusi tendangan bebas. Bola berhasil disundul Alex Sandro. Namun, bola melebar tipis di sebelah kanan gawang Real Madrid.

Menit ke-85, Juventus bermain dengan 10 pemain setelah Juan Cuadrado mendapat kartu kuning kedua karena melanggar dan mendorong Sergio Ramos.

Saat injury time, Real Madrid mencetak gol keempat. Umpan mendatar Marcelo langsung disambar Marco Asensio. Dia mengirim bola ke pojok kiri gawang Juventus tanpa bisa dihentikan Buffon.

Hingga pertandingan berakhir tidak ada gol tercipta. Real Madrid keluar sebagai juara Liga Champions setelah mengalahkan Juventus dengan skor 4-1.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Juventus: Gianluigi Buffon, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Dani Alves, Sami Khedira, Miralem Pjanic, Alex Sandro, Paulo Dybala, Gonzalo Higuain, Mario Madzukic.

Real Madrid: Keylor Navas, Marcelo, Sergio Ramos, Raphael Varane, Dani Carvajal, Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric, Isco, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.