Sukses

Thailand Salip Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP 2018?

Thailand klaim sudah capai kesepakatan dengan Dorna Sports terkait penyelenggaraan MotoGP 2018.

Liputan6.com, Bangkok - Thailand dikabarkan bakal salip Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2018. Pada Senin (5/6/2017) lalu, Otoritas Olahraga Thailand (SAT) klaim sudah capai kesepakatan dengan pemegang hak komersial Dorna Sports untuk menggelar seri balap MotoGP selama tiga tahun mulai musim 2018.

Seperti dilansir Bangkok Post, Selasa (6/6/2017), pemimpin SAT Sakol Wannapong dan eksekutif Dorna Sports mencapai kesepakatan dalam pertemuan di sela-sela MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, pada akhir pekan lalu.

SAT mengatakan MotoGP Thailand akan digelar pada 5-7 Oktober 2018. Balapan bakal berlangsung di Sirkuit Internasional Buriram. Menurut SAT, jadwal MotoGP Thailand adalah sebelum balapan di Jepang, Australia, dan Malaysia.

Dorna Sports belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait MotoGP Thailand pada 2018. SAT mengklaim Dorna Sports akan mengirimkan surat konfirmasi resmi kepada mereka dalam waktu dekat.

Bangkok Post juga melaporkan MotoGP 2018 akan menggelar 20 seri, termasuk tiga tuan rumah baru, yakni Thailand, Kazakstan (Sokol), dan Finlandia (KymiRing). Jika berita tersebut benar, artinya ada satu tuan rumah musim 2017 yang akan terlempar. Dari 18 seri yang ada di kalender MotoGP 2017, hanya Jerez dan Red Bull Ring yang kontraknya habis pada akhir musim ini.

Selain itu, Indonesia juga harus gigit jari karena tak bisa menggelar MotoGP pada 2018. Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, sebelumnya sudah menegaskan MotoGP tak akan menggelar lebih dari 20 seri per musim.

(Artikel ini ditulis oleh Oka Akhsan / diedit oleh Yus Mei Sawitri / Bola.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.