Sukses

Brasil Vs Argentina: Menanti Debut Jorge Sampaoli

Liputan6.com, Melbourne - Timnas Argentina siap memulai era baru di bawah Jorge Sampaoli. Dalam pertandingan debutnya melawan Brasil dalam Superclasico di Stadion Melbourne Cricket Ground, Australia, Jumat (9/6), Sampaoli membawa beberapa muka baru yang siap menjalani debut.

Di kubu lawan, Brasil juga lebih mengedepankan pemain-pemain yang minim jam terbang di level internasional. Tidak ada nama Neymar Junior, Dani Alves, atau Joao Miranda dalam skuat yang dibawa pelatih Brasil, Adenor Leonardo Bacchi.

Dari 22 pemain yang dipanggil, 12 di antaranya memiliki jumlah caps di bawah 10 pertandingan. Termasuk kiper yang baru direkrut Manchester City, Ederson Moraes dan bek AS Monaco Jemeson. Keduanya berpeluang menjalani debut melawan Argentina.

Meski didominasi muka baru dan yang belum berpengalaman, pelatih yang akrab disapa Tite itu menilai pertandingan nanti bukan sekadar persahabatan biasa. Pasalnya, menurut Tite, kedua tim sudah sama-sama mengetahui kehebatan satu sama lain.

“Ini bukan pertandingan persahabatan, karena kehebatan derby ini. Dan satu-satunya alasan bahwa kami adalah pesaing, karena kami pesaing yang saling mengagumi, yang tidak mengenali kekuatan masing-masing tim. Kami pesaing, karena kami tahu kebesaran Argentina, atau mereka tahu kebesaran Brasil,” ujar Tite.

1 dari 3 halaman

Tim Tango Andalkan Kolektivitas

Di kubu lawan, Tim Tango siap melepaskan ketergantungan mereka terhadap bintang Barcelona, Lionel Messi. Maklum, dari delapan kali absen dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 di Rusia, Argentina menelan tiga kekalahan dan empat kali imbang.

Sampaoli yakin Messi bisa bekerja sama dengan rekan-rekan lainnya. Hanya, Sampaoli meminta agar semua pihak tidak membandingkan Messi ketika bermain untuk Barcelona dengan ketika tampil di timnas Argentina.

Demi mendapatkan penampilan terbaik dari pemain andalannya itu, mantan pelatih timnas Cile itu juga akan menekan timnya untuk bermain kolektif bersama Messi.

“Saya percaya Messi bisa bermain kolektif di Barcelona sebagai bagian dari tim. Itu tipe dari sinergi yang kami ingin buat di timnas Argentina,” kata Sampaoli yang menilai Brasil memiliki banyak pemain bagus dan tidak akan bermasalah meski tanpa Neymar.

2 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Brazil vs Argentina (Liputan6.com/Abdillah)

 

Artikel Selanjutnya
Bintang Real Madrid Calon Terkuat Pemenang Pemain Terbaik FIFA
Artikel Selanjutnya
Momen Pembuktian Icardi Bersama Timnas Argentina