Sukses

5 Transfer Saga Paling Dinanti, MU Mendominasi

Juve mendapat keuntungan dari penjualan Pogba ke MU.

Liputan6.com, Jakarta - Penikmat sepak bola Eropa selalu menantikan cerita saga transfer pada musim panas. Musim 2016/2017 misalnya, pendukung Manchester United (MU) dibuat senang dengan kedatangan gelandang Paul Pogba dari Juventus.

Pogba hijrah ke Liga Inggris dengan memecahkan rekor transfer dunia yakni Rp 105 euro (Rp 1,5 triliun). Sebaliknya, Juve yang mendapat keuntungan dari penjualan tersebut juga menggegerkan Italia dengan merekrut Gonzalo Higuain.

Penyerang asal Argentina tersebut, dibeli dari Napoli dengan harga 90 juta pound, kedua termahal setelah Pogba. Tapi yang paling mengejutkan adalah dua saga transfer yang dipecahkan klub Tiongkok, Shanghai SIPG.

Tim Chinese Super League tersebut melakukan pembelian dengan harga fantastis. Dua pemain Brasil, Oscar dan Hulk jadi pemain termahal ketiga dan keempat dunia lantaran SIPG memboyong mereka dengan masing-masing seharga 60 dan 55,6 juta euro.

Dapat dipastikan saga transfer musim panas ini juga dihiasi klub-klub besar Eropa. Mulai dari Manchester United hingga Real Madrid.

MU sudah memberi sinyal akan melakukan belanja besar-besaran agar tampil lebih kompetitif. Apalagi mereka bakal kembali bermain di Liga Champions.

Sementara Real Madrid membutuhkan penyegaran di lini depan dan penjaga gawang. Sejumlah nama sudah dikaitkan bahkan sejak beberapa bulan yang lalu tapi hingga kini statusnya masih rumor belaka.

Berikut lima transfer saga yang dinanti pecinta sepak bola dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ivan Perisic

Perisic terus dikaitkan dengan Manchestre United setelah manajer Jose Mourinho mengungkapkan kebutuhannya akan seorang striker tajam. Sosok pemain 28 tahun tersebut dianggap cocok sebagai pengganti Zlatan Ibrahimovic yang cedera.

Nilai jualnya saat ini masih berkisar 30 juta euro (Rp 446 miliar). Kepindahan Perisic akan jadi berita besar karena mengorbankan masa depan Anthony Martial, striker muda MU yang tampil kurang meyakinkan musim lalu.

Bersama Perisic Inter Milan finis di peringkat enam klasemen akhir Serie A dengan mengoleksi 72 gol dan 11 gol diantaranya disumbangkan oleh sang pemain. Angka ini lebih baik dari MU yang hanya mencetak 54 gol dari 38 partai Liga Inggris.

 

3 dari 5 halaman

Eden Hazard

Kabar tentang ketertarikan Real Madrid pada Eden Hazard sempat berhembus jelang berakhirnya musim 2016/2017. Hazard yang telah mengikrarkan janji untuk bertahan lebih lama di Chelsea tampaknya tergiur usai El Real juara Liga Champions.

Dalam sebuah jumpa pers jelang uji coba timnas Belgia menghadapi Republik Ceko, pemain 26 tahun tersebut berkata akan mempertimbangkan jika tawaran Madrid benar-benar datang kepadanya. Sebab, dia juga ingin memenangkan banyak piala dalam kariernya.

Pada musim ini Hazard tampil gemilang bersama skuat besutan Antonio Conte. Dia membukukan 16 gol dan lima assist hingga mengantarkan The Blues juara Liga Inggris.

 

4 dari 5 halaman

Michael Keane

Michael Keane merupakan jebolan akademi MU yang hengkang pada Januari 2015 lalu ke Burnley. Dia tak mendapat tempat di skut inti Setan Merah saat dilatih oleh Louis van Gaal.

Bersama Burnley pemain 24 tahun tersebut bermain 39 kali di segala ajang dalam semusim. Dia ikut menyumbangkan dua gol dan satu assist di dan pada Maret 2017 lalu mendapatkan caps pertamanya di timnas senior Inggris.

Kepulangan Keane akan dinanti fans MU seperti mereka menyambut Paul Pogba, pemain mereka yang dilepas karena tak mendapat tempat di tim utama.

5 dari 5 halaman

Antoine Griezmann

Nama Griezmann sudah dikaitkan dengan MU bahkan sejak Piala Eropa 2016. Tapi berkali-kali penyerang Atletico Madrid itu menegaskan komitmennya bersama klub hingga beberapa musim mendatang.

Jose Mourinho sebetulnya mengincar striker lain di La Liga yakni Alvaro Morata. Morata bisa menggantikan tempat Zlatan Ibrahimovic yang tengah dalam masa pemulihan cedera.

Namun tawaran MU sebesar 52,4 juta pound kepada Real Madrid ditolak. Sebab, El Real hanya ingin melepas bintang Spanyol tersebut di angka 78 juta pound.

Saga transfer David de Gea juga menimbulkan masalah yang rumit antara MU dengan raksasa La Liga itu. Setan Merah enggan melepas De Gea sebagai bagian dari kesepakatan pembelian Morata.

Akibatnya, MU kembali pada incaran pertama mereka, Antoine Griezmann. Daily Mail menulis kalau tim Manchester Merah tersebut sudah menyiapkan dana 86 juta pound (Rp 1,45 triliun) untuk memboyong pemain timnas Prancis ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.