Sukses

PBSI Kirim Tujuh Wakil ke Kejuaraan Dunia 2017

Indonesia tidak mengirimkan wakil di sektor tunggal putri dan ganda putri ke Kejuaraan Dunia 2017.

Liputan6.com, Jakarta - PBSI merilis nama-nama pebulu tangkis Indonesia yang bakal diturunkan pada Kejuaraan Dunia 2017 di Glasgow, Skotlandia, Agustus mendatang. Setelah sebelumnya mendapat jatah 13 tiket, PBSI akhirnya memutuskan cuma mengirimkan tujuh wakil terbaiknya.

"Karena waktunya yang bersamaan, kami harus membagi kekuatan antara Kejuaraan Dunia 2017 dan SEA Games. Kami harus melihat pemain-pemain mana yang memiliki prospek untuk berprestasi di Kejuaraan Dunia. Kemudian kami juga harus memprioritaskan kekuatan untuk saling bantu," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti di Jakarta, Jumat (9/6/2017).

"Targetnya satu medali. Dilihat dari kekuatannya ada di ganda putra dan ganda campuran. Memang mungkin yang paling berpeluang ada di ganda putra. Tapi, tidak menutup kemungkinan di ganda campuran," ujar juara Olimpiade Barcelona 1992 tersebut.

Di sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting akan turun bersama Tommy Sugiarto. Anthony yang memberikan kejutan di Piala Sudirman 2017 saat mengalahkan Viktor Axelsen dari Denmark, diharapkan bisa menjadi salah satu kekuatan Indonesia di Kejuaraan Dunia kali ini.

"Di tunggal putra, Tommy yang berada di luar Pelatnas bisa menentukan dia mau berangkat atau tidak. Sementara Anthony, saya melihat dia memiliki progress yang baik. Ada peningkatan dari hasil kemarin di Piala Sudirman saat dia mengalahkan Viktor Axelsen. Buat saya, itu merupakan pencapaian yang cukup baik. Sehingga saya ingin mencoba, kalau di Kejuaraan Dunia dia seperti apa," tutur Susy.

Sementara di ganda putra, Indonesia menurunkan Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon, Angga Pratama / Ricky Karanda Suwardi, dan Mohammad Ahsan / Rian Agung Saputro. Sedangkan ganda campuran akan diwakili pasangan Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir dan Praveen Jordan / Debby Susanto.

"Untuk ganda putra, kami memasukkan tiga pasangan dari beberapa nama yang masuk. Berdasarkan pertimbangan kami, tidak mungkin semua kekuatan penuh diturunkan untuk Kejuaraan Dunia. Tiga pasangan ini diharapkan bahu membahu untuk saling membantu, siapapun yang maju, diharapkan wakil Indonesia yang bisa menang," ucap Susy.

"Di ganda campuran kami menurunkan dua pasangan, Tontowi / Liliyana dan Jordan / Debby, karena memang ada peluang. Sebenarnya Ronald (Alexander) / Melati (Daeva Oktavianti) juga bisa masuk, tapi saya lihat penampilan mereka, kayaknya kansnya agak berat. Saya rasa dua pasangan itu sudah cukup untuk saling membantu," tambah.

Meski mendapat kesempatan untuk mengirimkan wakil tunggal putri dan ganda putri ke Kejuaraan Dunia 2017, Susy memutuskan tak mengambil jatah tersebut. "Karena kansnya agak kecil. Kalau untuk mengejar jam terbang, kayaknya jangan ke Kejuaraan dunia. Kami melihat lebih kepada standar dan kualitas pemain kita sendiri. Mending kita perkuat saja di SEA Games. Kami harapkan ini bisa menambah medali juga untuk Indonesia," pungkas mantan ratu bulu tangkis Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Pemain

Daftar Pemain Indonesia ke Kejuaraan Dunia 2017

Tunggal putra:

Anthony Sinisuka Ginting
Tommy Sugiarto

Ganda putra:

Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon
Angga Pratama / Ricky Karanda Suwardi
Mohammad Ahsan / Rian Agung Saputro

Ganda campuran:

Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir
Praveen Jordan / Debby Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.