Sukses

Marquez Pasrah Layout MotoGP Catalunya Kembali Diubah

Perubahan tata letak hanya diberlakukan pada MotoGP Catalunya 2017.

Liputan6.com, Barcelona - Keputusan penting diambil pengawas balapan Dorna jelang MotoGP Catalunya 2017, Minggu (11/6/2017). Sudah dipastikan bahwa Sirkuit Catalunya akan menggunakan layout dengan chicane pada balapan Formula 1.

Sebelumnya, balapan MotoGP Catalunya sudah dipastikan menggunakan layout dengan chicane baru. Itu adalah buntut dari kecelakaan yang menewaskan pembalap Moto2, Luis Salom, pada latihan bebas MotoGP Catalunya 2016. Bahkan tes di Sirkuit Catalunya pun sudah dilakukan beberapa pembalap pada Mei 2017.

Namun, banyak pembalap yang menyampaikan keluhannya terhadap tata letak baru usai latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Catalunya, Jumat (9/6/2017). Pada akhirnya, pertemuan pun dilakukan para pembalap dengan Komisi Keselamatan MotoGP.

Dari hasil pertemuan itu, Loris Capirossi yang mewakili Dorna mengungkapkan bahwa tata letak Sirkuit Catalunya yang akan digunakan adalah model dua tahun lalu. Marc Marquez, pembalap Repsol Honda, pun ikut angkat bicara.

"Saya sudah bilang kemarin, layout lama itu lebih natural. Tapi tentu saja perubahan yang kami lakukan adalah demi keamanan. Itu satu-satunya jalan. Pada akhirnya tata letaknya hanya berubah satu sudut," kata Marquez, dikutip Crash.

Perubahan pada MotoGP Catalunya itu terfokus pada chicane tikungan ke-13 dan ke-14. Chicane sendiri adalah tikungan ganda yang berlawanan dan memaksa seorang pembalap membantung motornya ke kiri lalu ke kanan atau sebaliknya dalam waktu cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Pede

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez beraksi jelang MotoGP Catalunya 2017. (Vincenzo PINTO / AFP)

Perubahan itu dilakukan karena jarak lintasan dan dinding pembatas yang begitu dekat. Selain itu, ada risiko motor seorang pembalap tetap berada di jalur usai terjatuh. Tentu itu akan sangat berbahaya bagi pembalap di belakangnya yang memasuki tikungan tersebut.

Selain itu, alasan lain yang membuat perubahan harus dilakukan adalah munculnya sejumlah kecelakaan pada latihan bebas kedua. Alvaro Bautista, Cal Crutchlow, dan Loris Baz menjadi pembalap yang terjatuh saat itu.

"Banyak pembalap mengeluh, tapi tata letaknya tetap sama (seperti 2016). Hanya berubah pada satu sudut saja. Ini berbeda. Tapi saat Anda mengambil ritme yang bagus, itu akan menyenangkan," tegas Marquez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.