Sukses

TC Timnas Indonesia di Spanyol Dipastikan Batal

Meski batal, PSSI tak menjanjikan skuat Garuda akan mendapat TC pengganti di luar negeri.

Liputan6.com, Tangerang - Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono mengonfirmasi batalnya agenda pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-22 ke Spanyol jelang SEA Games 2017. PSSI menganggap program latihan di Eropa tidak efisien.

TC di Spanyol sudah beberapa kali mengalami perubahan. Pada awalnya tim besutan Luis Milla tersebut akan berangkat pada akhir Mei bahkan ingin dipercepat ke April 2017, sebelum Islamic Solidarity Games digelar di Baku, Azerbaijan.

Ironisnya Timnas Indonesia akhirnya juga batal berpartisipasi di ISG. Belakangan manajer timnas U-22, Endri Erawan, mengungkapkan TC di Eropa akan kembali diundur hingga Hari Raya Idul Fitri.

"Kami lagi konsultasikan karena ada perubahan program. Dulu ada inisiatif ke Spanyol tapi sekarang harus di dalam negeri pertimbangan efisiensi dan tidak kehilangan banyak waktu untuk aklimatisasi dan seterusnya," kata Joko Driyono usai latihan timnas, Sabtu (10/6/2017) petang di Karawaci, Tangerang.

Jadwal terdekat Timnas Indonesia saat ini ialah laga ujicoba internasional menghadapi Puerto Rico pada Selasa (13/6/2017) di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Pada kesempatan kali ini Milla ikut membawa lima pemain timnas senior.

"Setelah di Sleman nanti kita akan sampaikan. Tapi kemungkinan terbesar dibatalkan dan kami cenderung di Asia," ucap mantan CEO PT Liga Indonesia tersebut.

Meski batal, Joko tak menjanjikan skuat Garuda akan mendapat TC pengganti di luar negeri. Pihaknya hanya akan fokus pada sejumlah pertandingan internasional yang masuk kalender FIFA sebelum tampil di SEA Games.

"Kita lihat saja karena sebelum event ke SEA Games ada event antara dan itu juga sangat penting pada bulan Juli. Sangat mepet," ujar Joko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.