Sukses

MotoGP Catalunya: Pertaruhan Nama Baik Pembalap Spanyol

Ada empat pembalap Spanyol yang bersaing menjadi yang terbaik di MotoGP Catalunya.

Liputan6.com, Catalunya- Balapan seri ketujuh MotoGP 2017 akan digelar di Sirkuit Catalunya, Barcelona. Bagi empat pembalap senior yakni Maverick Vinales, Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo ini merupakan balapan sesungguhnya untuk mempertaruhkan nama baiknya di kampung halaman.

Sirkuit Catalunya bakal menghadirkan balapan yang sangat menantang dimana ada tujuh belokan ke kiri dan sembilan ke kenan serta menawarkan trek lurus sepanjang setengah mil. 

Tidak hanya andrenalin saja, para pembalap juga harus memperhitungkan ban dengan baik selama balapan mengingat suhu aspal sangat panas dan itu bisa menyebabkan keausan ban Michelin. Selain keausan ban Michelin, masalah pengereman juga sangat menantang bagi para pembalap.

Statistik menyebut jika setiap putaran, pembalap harus mengayunkan rem sebanyak 10 kali dengan total setengah menit per putaran. Tikungan 7 pada gilirannya bakal menuntut fisik pembalap. Pasalnya, para joki diperkirakan akan berada dalam kecepatan 143mph dan harus melakukan pengereman dalam waktu 3,4 detik.

Sementara itu, pembalap sudah tak perlu lagi mengkhawatirkan kondisi cuaca. Menurut prakiraan, cuaca di Sirkuit Catalunya akan berlangsung panas dan ini tentu tidak memengaruhi penampilan sirkus MotoGP mengingat mereka sudah mengalami kondisi seperti ini sejak latihan bebas hingga kualifikasi.

Dari segi tata letak sirkus MotoGP bakal kembali ke layout awal atau menggunakan lintasan Formula 1. Keputusan ini diambil lantaran mayoritas pembalap menilai perubahan yang dilakukan pihak penyelenggara tidak memiliki dampak risiko kecelakaan yang besar. Hal itu sudah dirasakan para pembalap selama menjalani sesi latihan bebas pertama dan kedua, Jumat (9/6) lalu.

"Bagi saya, itu berbahaya. Di FP1 dan FP2 kecepatan motor memang agak sedikit melambat. Tapi dalam kualifikasi pembalap tidak boleh melambat karena Anda harus mendorong kecepatan penuh," jelas Vinales. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini