Sukses

Krisis Diplomatik, FIFA Ganti Wasit Qatar yang Pimpin Laga UEA

Uni Emirat Arab memutus hubungan diplomatik dengan Qatar.

Liputan6.com, Zurich - Krisis diplomatik Qatar memaksa FIFA turun tangan. Organisasi pimpinan Gianni Infantino itu mengganti wasit pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 yang melibatkan Uni Emirat Arab (UEA).

Laga UEA dengan Bangkok, Selasa (13/6/2017), semula dipimpin ofisial atar Qatar. Kini pertandingan tersebut ditangani Muhammad Taqi asal Singapura.

"Kami mengambil keputusan sendiri dan bukan karena permintaan UEA. Kami melakukannya atas pertimbangan sportivitas dan situasi politik kedua negara," tulis keterangan resmi FIFA.

Bersama Arab Saudi, Mesir, serta Bahrain, UEA memutus hubungan diplomatik dengan Qatar awal pekan lalu. Mereka menuduh negara tersebut mendukung terorisme. Qatar menepis tudingan itu dan menilai ada kampanye negatif terhadap mereka.

Mempertimbangkan kondisi ini, FIFA cemas wasit asal Qatar tidak dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal pada pertandingan nanti.

Terlebih hasil laga nanti berpotensi menentukan nasib UEA lolos ke Rusia. Meski sulit, mereka masih berpotensi merebut tiket melalui jalur play-off dari Grup B.

Untuk itu, UEA mesti mengejar Jepang, Arab Saudi, dan Australia yang dalam posisi lebih baik. Mereka sejauh ini mengoleksi sembilan angka, tertinggal tujuh nilai di belakang tiga negara rival.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.