Sukses

Demi Kemerdekaan Katalunya, Guardiola Ikut Turun ke Jalan

Guardiola mengisi waktu liburannya dengan pulang ke kampung halamannya, Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona - Pep Guardiola mengisi waktu liburannya dengan pulang ke kampung halamannya, Barcelona. Menariknya, ia tak hanya menghabiskan waktu bersama keluarga, tetapi juga ikut berdemonstrasi.

Guardiola memang tak pernah jauh dari Katalunya. Kecil dan besar di sana, ia baru meninggalkan kota tersebut saat bermain untuk Brescia tahun 2001.

Namun hanya enam tahun bertualang ke luar negeri, dia kembali ke Barcelona untuk menjadi pelatih Barcelona B. Dan akhirnya menjadi salah satu pelatih tersukses sebelum pergi ke Bayern Muenchen tahun 2013.

Itu sebabnya rasa cinta Guardiola pada Katalunya tak pernah pudar. Ia menginginkan kota tersebut merdeka dari Spanyol.

"Kami akan memilih untuk merdeka. Meski Pemerintah Spanyol tidak setuju, referendum harus berjalan," kata Guardiola dalam orasinya akhir pekan kemarin.

Setidaknya ada 30 ribu orang yang mengikuti unjuk rasa tersebut. Dan Guardiola selama ini memang dikenal sebagai salah satu orator yang aktif untuk menyuarakan kemerdekaan Katalunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.