Sukses

Sebelum Lindelof, 4 Yellow Viking Milik MU

Lindelof segera bergabung dengan MU.

Liputan6.com, Manchester - Kontingen pemain Swedia yang memperkuat Manchester United (MU) segera bertambah. Victor Lindelof segera bergabung setelah tawaran sebesar 35 juta euro, atau sekitar Rp 521 miliar, diterima Benfica.

MU akan meresmikan transfer ini begitu pemain berusia 22 tahun tersebut lolos pemeriksaan medis dan menandatangani kontrak.

Debut di tim utama pada 2013, Lindelof membela Benfica pada 73 pertandingan dan menciptakan dua gol. Kontribusinya membuahkan tiga titel Liga Portugal. Dia juga sudah memperkuat timnas di 12 laga.

The Red Devils memproyeksikan Lindelof sebagai duet Eric Bailly di jantung pertahanan. Pemain berusia 22 tahun ini memiliki gaya bermain serupa seperti Rio Ferdinand dan Mats Hummels.

Sebelum Lindelof, tercatat ada empat penggawa The Yellow Vikings yang pernah membela MU. Siapa saja mereka?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jesper Blomqvist

Jesper Blomqvist (belakang) ikut dalam rombongan tim legenda Manchester United saat mengunjungi Indonesia. (Liputan6.com/ Helmi Fithriansyah)

Pemain Swedia pertama sepanjang sejarah The Red Devils. Alex Ferguson sudah tertarik merekrutnya ketika Blomqvist membantu IFK Gothenburg mengalahkan MU di Liga Champions 1994/1995.

Dia pergi ke AC Milan dan Parma sebelum akhirnya tiba di Old Trafford musim panas 1998. Blomqvist kemudian membantu The Red Devils menjadi treble winners dan jadi starter di final Liga Champions versus Bayern Munchen.

Blomqvist terkena cedera lutut serius sehingga banyak absen di dua musim berikutnya. MU pun tidak memperpanjang kontrak pemain kelahiran Tavelsjo ini. Total Blomqvist membela MU di 38 laga dan mencetak satu gol.

3 dari 5 halaman

Bojan Djordjic

Talenta bersama Djordjic meyakinkan MU untuk merekrutnya dari IF Brommapojkarna. Dia kemudian dididik di akademi dan menjadi pemain muda terbaik MU edisi 2000.

Sayang, Djordjic gagal menunjukkan kemampuan sebenarnya di level senior. Sempat dipinjamkan ke Sheffield Wednesday, Aarhus GF, dan Red Star Belgrade, dia kemudian dilepas gratis ke Glasgow Rangers tahun 2005.

Djordjic hanya membela MU dua kali di pertandingan resmi. Dia sempat bermain pada laga testimonial legenda Glasgow Celtic, Tom Boyd, dan mencetak salah satu gol kemenangan 2-0.

4 dari 5 halaman

Henrik Larsson

Memberi pengaruh signifikan meski hanya membela MU selama tiga bulan. Dia didatangkan dengan status pinjaman dari Helsingborg pada Januari 2007. Ketika itu Larsson berusia 35 tahun.

Mencatatkan nama di papan skor pada pada laga debut melawan Aston Villa di Piala FA, mantan pemain Glasgow Celtic dan Barcelona ini menyumbang tiga gol dari 13 penampilan.

Henrik Larsson. (AFP/Paul Ellis)

Tidak lama setelah Larsson kembali ke Helsingborg, MU menduduki takhta Liga Inggris. Meski dia tidak memenuhi kuota untuk mendapat medali juara, The Red Devils mengajukan permintaan khusus agar Larsson menerimanya.

5 dari 5 halaman

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic. (AFP/Oli Scarff)

Pemain impor Swedia tersukses di MU. Ibrahimovic sukses membungkam pihak yang meragukannya karena belum pernah tampil di Inggris dan sudah menginjak 35 tahun.

Dia menjadi pemain tersubur The Red Devils dengan torehan 28 gol di 46 laga. Kontribusinya membuahkan titel Community Shield, Piala Liga Inggris, dan Liga Europa.

Kariernya di Old Trafford berakhir lebih cepat karena cedera serius. kondisi tersebut membuat MU enggan memperpanjang kontraknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.