Sukses

Bukan Ronaldo atau Messi, 2 Pemain Ini Dinilai Paling Berharga

Ronaldo yang difavoritkan meraih Ballon d'Or berada di urutan ke-11

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mungkin adalah tokoh dominan sepak bola abad ke-21. Namun, ternyata menurut hasil penelitian studi baru bukan mereka yang terkenal, tapi dua pemain lain dari Liga Inggris.

Berdasarkan analisis International Centre for Sports Studies (CIES), nilai Ronaldo dan Messi kurang dari duet Tottenham Harry Kane dan Dele Alli. Pusat studi yang berbasis di Swiss itu, menyusun daftar pemain paling diminati di lima liga teratas di Eropa.

Mereka memperkirakan nilai dari 110 pemain menggunakan sebuah algoritma yang didasarkan pada analisis hampir 2.000 pembayaran biaya transfer.

Messi, 30 tahun, pada akhir bulan ini dilaporkan hampir memperpanjang kontraknya di Camp Nou. Messi berada di posisi keempat dengan nilai 151,7 juta euro. Sedangkan, pemain internasional Inggris, Alli dan Kane, masing-masing punya nilai 155,1 juta euro dan 153,6 juta euro. Ini tentu jadi musim yang luar biasa bagi Spurs.

Ronaldo, yang difavoritkan menyamai Messi meraih Ballon d'Or kelima di akhir tahun, setelah mengilhami Real Madrid juara La Liga dan kemenangan di Liga Champions, paling banyak dibicarakan

Namun, bintang berusia 32 tahun itu, hanya masuk di 112,4 juta eurodi klasemen CIES, di bawah Antoine Griezmann, Luis Suarez, Paul Pogba, Gonzalo Higuain, Eden Hazard dan Paulo Dybala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemain Tertua

Ronaldo adalah pemain tertua dalam daftar. Sementara, bintang Monaco Kylian Mbappe dianggap pemain termuda.

Meskipun dikaitkan dengan rekor dunia kepindahannya ke Real Madrid, Mbappe hanya mencatat 92,6 juta euro. Nilai ini menempatkannya di bawah pemain seperti Raheem Sterling dari Manchester City dan Atletico Madrid Yannick Carrasco.

Langkah Manchester United yang sering dilecehkan untuk membuat Pogba menjadi pemain termahal di dunia mewakili nilai uang di angka CIES. Sementara pemegang penghargaan sebelumnya, Gareth Bale dari Real Madrid, berada di peringkat 43 dengan nilai 66.7 juta euro.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.