Sukses

Inilah Pilar-Pilar Puerto Rico yang Mengancam Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akan menjamu Puerto Rico pada laga uji coba di Stadion Maguwoharjo, Selasa

Liputan6.com, Yogyakarta - Bisa jadi, Puerto Rico merupakan lawan berat bagi timnas Indonesia dalam laga uji coba, Selasa (13/6/2017). Laga ini akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta.

Pasalnya, timnas Puerto Rico memiliki sejumlah keunggulan, selain dari postur para pemain yang lebih tinggi dan besar. Dalam wawancara dengan PSSI beberapa hari lalu, pelatih Timnas Puerto Rico, Carlos Garcia Cantarero, membenarkan bila tim yang dilatihnya memiliki kelebihan dalam sisi fisik dan power.

Namun, ia menolak bila hal itu bakal jadi keuntungan buat timnya saat meladeni Indonesia. "Persiapan fisik sangat penting dalam sepak bola, tetapi fisik bukan segalanya. Saya melihat pemain dengan tubuh kecil maupun besar sama saja, yang penting adalah talenta," ujarnya.

Dia menambahkan, "Lihat Maradona atau Luiz Ronaldo. Mereka adalah pemain-pemain gempal yang sedikit kelebihan berat badan, tapi mereka pesepakbola yang fantastis. Jadi, bagi kami punya pemain lebih tinggi dengan postur badan yang lebih kekar bukanlah sebuah keuntungan."

Meski begitu, secara khusus ia memberi bocoran pada Indonesia, agar lebih memberi perhatian dua pemainnya yang dinilainya bakal jadi batu sandungan bagi Tim Garuda yang mengincar kemenangan.

"Michael Ramos dan Cody Laurendi," kata Cantarero, tanpa menjelaskan kelebihan dua pemain itu.

Michael Ramos berposisi sebagai penyerang dan Cody Laurendi sebagai kiper. Masing-masing berusia 25 dan 28 tahun. 

Michael Ramos saat ini membela klub Puerto Rico FC yang bermain di kasta kedua Liga Amerika Utara (NASL). Sesuai transfermark, nilai pasarnya saat ini mencapai Rp 14,3 miliar. Ia juga memegang paspor Amerika Serikat karena lahir di Washington.

Saat diperkenalkan kali pertama sebagai pemain anyar Puerto Rico FC pada Maret 2017, presiden klub menyebutnya sebagai pemain muda yang menjanjikan.

Pemain dengan tinggi 185 cm ini terbilang senjata anyar Timnas Puerto Rico karena baru dipanggil membela The Blue Hurricane pada September 2016.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyelamatan Spektakuler

Selain Michael Ramos, ada tiga pemain Puerto Rico FC lain yang dipanggil Cantarero dalam tur tandang melawan Indonesia.

Sementara Cody Laurendi saat ini tercatat bermain untuk klub kasta kedua United Soccer League, Oklahoma City Energy. Sama seperti Ramos, Cody Laurendi lahir di Amerika, tepatnya di Florida, sehingga juga memiliki paspor Amerika Serikat.

Dalam sebuah wawancara pada Oktober 2016, Laurendi mengungkapkan bila ia sudah cukup lama dalam radar Timnas Puerto Rico, sekitar lima tahun lamanya, sebelum menjalani debut pada 2016.

Laurendi dikenal sebagai kiper yang kerap melakukan penyelamatan spektakuler dan berani meninggalkan kotak penalti. Dengan postur 191 cm, ia punya postur ideal untuk jadi penjaga gawang. Laurendi saat ini merupakan kiper utama Timnas Puerto Rico.

 (Artikel ditulis oleh Aning Jati/diedit oleh Juprianto Alexander Sianipar/Bola.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.