Sukses

Real Madrid Yakin Ronaldo Taat Pajak

Ronaldo dituduh menggelapkan pajak selama membela Real Madrid.

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid memberi dukungan penuh untuk Cristiano Ronaldo dalam upaya melawan tuduhan penggelapan pajak. Juara Spanyol dan Eropa itu yakin pemain andalan mereka akan terbukti tidak bersalah dalam persidangan.

"Kami yakin Ronaldo tidak melanggar hukum. Dia menunjukkan selalu menuruti aturan sejak tiba di sini tahun 2009," tulis pernyataan resmi Real Madrid.

Pada kesempatan sama, Los Blancos berharap proses hukum dapat berlangsung cepat. Mereka tidak mau kasus ini berlarut-larut sehingga mengganggu konsentrasi Ronaldo.

Aparat menuduh Ronaldo tidak membayar pajak pada 2011 hingga 2014 bernilai 14,7 juta euro atau sekitar Rp 220 miliar.

Jaksa penuntut menyatakan Ronaldo tidak mengungkapkan pendapatan dari penjualan image rights sebesar Rp 424 miliar. Pada laporannya, pemain berusia 32 tahun tersebut menyatakan pemasukan itu merupakan hasil bisnis properti miliknya.

Dalam penyelidikannya, aparat menemukan kejanggalan dan menduga Ronaldo melakukan pelanggaran karena pajak properti jauh lebih rendah ketimbang image rights.

Kasus penggelapan pajak di Spanyol bukan menimpa Ronaldo saja. Sebelumnya, tiga penggawa Barcelona, Lionel Messi, Neymar, dan Javier Mascherano juga tersangkut masalah yang sama.

Ketiganya dibebaskan dari hukuman penjara karena membayar denda yang dijatuhkan pengadilan. Bila terbukti bersalah, besar kemungkinan Ronaldo mengambil tindakan serupa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.