Sukses

Indonesia Open 2017: Peluang Tontowi / Liliyana Pecah Telur

Ini adalah kali ketiga Tontowi / Liliyana lolos ke final Indonesia Open.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berjuang selama 39 menit, Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir merebut tiket final Indonesia Open 2017. Ganda campuran terbaik Indonesia itu mengandaskan perlawanan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon / Yen Wei Peck, dengan skor 21-13 dan 21-14 di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Senayan, Sabtu (17/6/2017) malam WIB.

Tontowi / Liliyana menjadi satu-satunya wakil tuan rumah yang melangkah ke final Indonesia Open 2017. Dua wakil lainnya terhenti di semifinal.

Di ganda putra, Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto dihentikan oleh unggulan dua asal Denmark, Mathias Boe / Carsten Mogensen dengan skor 17-21, 21-18, dan 12-21. Sementara di nomor ganda putri, Anggia Shitta Awanda / Ni Ketut Mahadewi Istarani harus mengakui pasangan Tiongkok unggulan kelima. Anggia / Ni Ketut kalah 12-21 dan 17-21.

Bagi Tontowi / Liliyana, ini adalah kali ketiga melaju ke final. Sebelumnya, peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 itu pernah lolos pada 2011 dan 2012 lalu. Pada 2011, Tontowi / Liliyana dikalahkan Zhang Nan / Zhao Yunlei asal Tiongkok. Setahun kemudian, giliran pasangan Thailand, Sudket Prapakamol / Saralee Thoungthongkam yang mengagalkan mereka.

"Pasti ingin juara, tetapi kami mau fokus, nggak mikirin besok juara. Yang penting komunikasi dan strategi bisa berjalan," ujar Tontowi usai pertandingan.

Sejak berpasangan dengan Tontowi, Liliyana belum pernah merasakan gelar Indonesia Open. Padahal, sejumah gelar bergengsi telah diraih pasangan peringkat sembilan BWF ini, seperti All England dan Juara Dunia.

"Saya sudah pernah juara Indonesia Open bersama Nova Widianto dan Vita Marisa, tetapi saya penasaran kenapa dengan Owi -sapaa Tontowi- belum bisa," tutur Liliyana sebelum turnamen level superseries premier ini digelar.

"Saya sama Owi bisa hattrick All England dan juara dunia di negeri orang, masa enggak bisa sih juara di negara sendiri", pungkasnya.

Akankah Tontowi / Liliyana bisa pecah telur di Indonesia Open 2017?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lawan Tiongkok

Di final, akan bertemu unggulan pertama dari Tiongkok, Zheng Siwei/Chen Qingchen. Sejauh ini, kedua pasangan baru sekali berhadapan, yakni di Tiongkok Open 2014. Saat itu, Tontowi / Liliyana kalah 18-21 dan 15-21.

"Lawan besok tidak mudah, mereka adalah pemain muda yang lagi on fire, semangat, punya kecepatan, dan power. Kami harus bisa menerapkan pola yang benar. Semoga kami bisa bermain lebih baik dan kasih juara untuk Indonesia," ucap Liliyana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.