Sukses

Tempat Lahir Valentino Rossi Bikin Pejabat Italia Bingung

Valentino Rossi lahir di Urbino, Marche, Italia.

Liputan6.com, Pesaro - Presiden Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI), Giovanni Malago, beberapa kali harus mengusap keringat saat salah menyebut nama atlet besar yang lahir di kota Pesaro, termasuk Valentino Rossi. Peristiwa ini terjadi saat meresmikan kolam renang di via Togliatti, Italia.

Kesalahan Malago menghafal atlet ternama yang lahir di Pesaro, disaksikan secara langsung oleh Perdana Menteri Paolo Gentiloni. Dalam sambutannya, dia mengatakan ada tiga atlet yang lahir di Pesaro yakni Ario Costa, Walter Magnifico dan Massimo Ambrosini.

Padahal, jika ditelusuri hanya Ambrosini yang lahir di Pesaro. Sementara Costa lahir di Cogorno, sedangkan Magnifico di San Severo. "Pesaro adalah kota yang melahirkan Ario Costa, Walter Magnifico dan Massimo Ambrosini," jelas Malago dalam sambutannya, seperti dikutip dari Il Resto del Carlino, Selasa (20/6/2017).

Kejadian yang paling mencengangkan ketika Malago ragu tentang tempat kelahiran Valentino Rossi. "Kami selalu ragu tentang dia (Valentino Rossi). Karena, seperti yang semua orang tahu Valentino Rossi sedikit berada di Marche di luar Romagna. Anda tidak pernah mengerti apakah itu di Romagna atau Marche," tuturnya.

Sontak, para tamu yang hadir langsung menjawabnya tidak, karena Valentino Rossi memang terlahir di Urbino yang diketahui masuk wilayah Marche atau sebelah barat daya Pesaro, Italia.

Kritikan para tamu yang hadir membuat Malago tersadar dan dia langsung memperbaiki pernyataannya tersebut. "Saya minta maaf, jadi Valentino adalah orang Marche. Tapi apakah dia setuju?" Dia melanjutkan. "Apakah tempat tinggal Anda di sini atau di sana? Dan pajak itu? Mungkin lebih baik itu. Sudahlah," kata Malago.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.