Sukses

5 Pemain Bintang di Bawah Super Agen Mino Raiola

Dari deretan pemain Raiola, tiga diantaranya penggawa Milan, yakni Donnarumma, Ignazio Abate, dan Giacomo Bonaventura.

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan agen sepak bola Mino Raiola dengan AC Milan sedang tak bagus. Raiola disebut-sebut mempengaruhi keputusan kiper Milan Gianluigi Donnarumma yang menolak perpanjangan kontrak dengan AC Milan.

Setelah mengulur-ulur waktu penandatangan kontrak baru, Gigio--sapaan Donnarumma, secara mengejutkan berniat mengakhiri masa kerjanya lebih cepat. Dia ingin hengkang pada musim panas ini padahal jauh hari pemilik baru Rossoneri menegaskan bahwa Donnarumma akan jadi aset jangka panjang AC Milan.

Sejak pengumunan nasib Donnarumma, Raiola jadi orang yang paling dicari pada bursa transfer. Padahal bukan hanya remaja 18 tahun ini saja yang menjadi kliennya, karena terhitung lebih dari 50 pemain terdaftar yang memakai jasanya saat ini.

Dari deretan pemain di bawah agensi olahraga Mino Raiola, tiga di antaranya merupakan pemain Milan, yakni Donnarumma, Ignazio Abate, dan Giacomo Bonaventura. Belum termasuk striker Mbaye Niang yang di tengah jalan memutuskan kerjasamanya pada akhir 2016 lalu.

Jika proses negosiasi Raiola soal Donnarumma tak ada masalah, pria 49 tahun tersebut pasti akan terus berhubungan baik dengan AC Milan. Sebab sejak akhir 1980-an Raiola 'menyuplai' talenta hebat ke klub ini.

Nama-nama seperti Frank Rijkaard, Maxwell, sampai Zlatan Ibrahimovic diboyong Raiola ke San Siro. Mereka tak melulu dihargai mahal karena agen ini juga menawari klub-klub yang membutuhkan pemain gratis.

Seperti dilansir dari Squawka, berikut lima pemain top dunia yang menjadi klien Raiola.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Zlatan Ibrahimovic

1. Zlatan Ibrahimovic

Ibrahimovic merupakan klien lama yang ditanganinya sejak berbaju Ajax Amsterdam. Pada 2004, seorang Ibra yang masih berusia 22 tahun ditransfer ke Juventus dengan harga 14 juta pounds.

Nilai jual tertinggi Ibra terjadi pada 2009 saat hengkang ke Barcelona dengan nilai jual 59 juta euro. Tapi kemudian angkanya turun menjadi 20 juta pounds saat Raiola menawari sang pemain ke AC Milan setahun kemudian.

Musim panas 2016/2017 lalu Ibra telah bergabung dengan  Manchester United dengan status bebas transfer dari Paris Saint-Germain.

Kabarnya, Milan juga tertarik untuk membawa kembali Ibrahimovic. Namun karena hubungan tak harmonis dengan Raiola, bisa jadi ini sulit diwujudkan.

3 dari 6 halaman

Mario Balotelli

2. Mario Balotelli

Pemain bengal ini sudah bekerja sama dengan Raiola sejak masih berbaju Inter Milan. Pada 2010 Raiola menangani transfer Balotelli dari Inter ke Manchester City dengan nilai 25 juta pounds dan saat itu Balotelli masih berusia 19 tahun.

Tiga musim kemudian City melego pemain keturunan Ghana ini ke rival sekota Inter, AC Milan dengan harga 17 juta pounds. Angka yang sama ditetapkan Milan saat menjualnya ke Liverpool pada 2013.

Balotelli gagal bersinar di Liverpool dan sempat dipinjamkan kembali ke AC Milan. Di Milan, Balotelli luntang lantung dan nasibnya makin tak jelas.

Untunglah, Nice mau menampung Balotelli. Di sini, Balotelli temukan ketajaman kembali dan dikabarkan diminati oleh Borussia Dortmund.

 

4 dari 6 halaman

Henrikh Mkhitaryan

3. Henrikh Mkhitaryan 

Henrikh Mkhitaryan merupakan salah satu pembelian sukses Manchester United pada musim lalu. Pemain ini didatangkan Raiola dari Borussia Dortmund dengan harga 26 juta pounds.

Dengan label Pemain Terbaik Bundesliga dan pemilik assits terbanyak pada musim 2015/2016, Gelandang 28 tahun tersebut diikat MU sampai Juni 2020. Kepindahannya membuat Mkhitaryan menjadi pemain Armenia pertama yang merasakan Liga Inggris.

Mkhitaryan terkenal sebagai pemain yang eksplosif saat menerobos pertahanan lawan. Maka itu, dia kerap ditempatkan di belakang striker atau penyerang lubang.

5 dari 6 halaman

Paul Pogba

4. Paul Pogba

Pada tanggal 8 Agustus 2016, Pogba kembali ke klub profesional pertamanya, Manchester United (MU). Pogba memecahkan rekor transfer termahal dunia dari Juventus dengan banderol 89 juta pounds atau setara dengan Rp 1,5 triliun.

Pemain timnas Prancis ini meneken kontrak berdurasi lima tahun. Mino Raiola disebut-sebut menerima komisi hampir 24 juta pound.

Keberhasilan Raiola jual Pogba dengan mahal ke MU pantas diacungi jempol. Sempat tarik ulur, MU akhirnya luluh dengan nilai Rp 1,5 triliun yang dipatok Juventus.

Pogba belum bersinar betul di musim pertamanya bersama MU.

 

 

6 dari 6 halaman

Romelu Lukaku

5. Romelu Lukaku

Klien Mino Raiola ini merupakan produk binaan klub Belgia RSC Anderlecht yang dibeli Chelsea pada musim panas 2011. Dia dibanderol seharga 15 juta euro namun kemudian dipinjamkan ke West Bromwich Albion.

Tak mendapat tempat di skuat utama The Blues, Lukaku kembali dilepas sebagai pinjaman ke Everton pada 2013. Tim inilah yang akhirnya mempermanenkan jasanya pada 2014 dengan nilai transfer 35,3 juta euro.

Pada bursa transfer musim panas kali ini, pemain 24 tahun tersebut terus dikaitkan dengan MU. Di Manchester dia bisa bereuni dengan mantan manajer Chelsea Jose Mourinho.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.