Sukses

Dua Tim Red Bull Dapat Izin Tampil di Liga Champions

UEFA menilai kedua tim itu memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk tampil di Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta Setelah nasibnya di Liga Champions menggantung, kini Red Bull (RB) Leipzig dan RB Salzburg mendapatkan kabar bagus. Mereka dipastikan akan menjadi bagian dari perhelatan Liga Champions 2017/2018.

Sebelumnya, UEFA sempat meragukan apakah Leipzig dan Salzburg berhak tampil di Liga Champions. Pasalnya, kedua klub tersebut berada dalam kepemilikan yang sama, yakni Red Bull. Hal itu tak sesuai dengan pasal 5 soal integritas kompetisi.

Dalam regulasi tersebut, UEFA melarang dua tim dalam satu kepemilikan untuk tampil di kompetisi Eropa, terutama Liga Champions. Aturan itu dibuat agar menghindari adanya indikasi kecurangan dari dua klub tersebut.

Setelah melakukan penyelidikan, UEFA akhirnya memberikan lampu hijau kepada mereka. Hal itu tertuang dalam pernyataan yang dirilis UEFA pada Selasa (20/6/2017).

"Dewan Ajudikasi dan Badan Kontrol Keuangan Klub UEFA (CFCB) memutuskan untuk menerima Salzburg dan Leipzig ke Liga Champions 2016/2018, setelah ditemukan bahwa kehadiran kedua klub itu tak melanggar pasal 5," tulis pernyataan UEFA.

Leipzig sendiri berhak tampil di Liga Champions setelah menjalani musim yang fantastis di Bundesliga 2016/2017. Bersatatus pendatang baru, Leipzig finis di posisi kedua klasemen, unggul tiga poin atas Borussia Dortmund.

Sementara Salzburg mendapat tiket lewat kesuksesan menjadi juara Liga Austria. Bedanya, Leipzig akan langsung masuk dalam fase grup, sedangkan Salzburg harus berjuang dari babak kualifikasi.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.