Sukses

Akibat Transfer Pogba, Juventus Terancam Sanksi FIFA

Biaya transfer Pogba dari Juventus tak sepenuhnya diterima MU.

Liputan6.com, Zurich - Juventus diklaim telah melakukan pelanggaran terkait penjualan Paul Pogba ke Manchester United (MU) pada musim panas 2016. Akibatnya, I Bianconeri kini terancam mendapatkan hukuman dari FIFA.

Sebelumnya, Juventus mendapatkan Pogba dengan status bebas transfer dari MU pada musim panas 2012. Setelah empat musim, Si Nyonya Tua kembali menjualnya ke MU dengan biaya fantastis, yakni 105 juta euro ditambah bonus (Rp 1,5 triliun).

Angka itu menjadikan Pogba sebagai pemain termahal di dunia saat ini. Proses kepindahan Pogba saat itu cukup berbelit-belit. Pasalnya, negosiasi tak hanya melibatkan Juventus dan MU, tapi juga agen Mino Raiola.

Dan biaya 105 juta euro tak semuanya masuk dalam kas MU. Sebagian besar juga masuk dalam saku Raiola. Hal itu yang dianggap FIFA sebagai sebuah pelanggaran soal peraturan kepemilikan pihak ketiga.

"Kami bisa memastikan bahwa proses persidangan untuk Juventus telah dibuka. Kami tak bisa berkomentar lebih jauh saat persidangan berlangsung. Kami juga memastikan bahwa tak ada proses yang dibuka untuk Manchester United," kata juru bicara FIFA kepada ESPN.

Jika dinyatakan bersalah, Juventus bisa mendapat hukuman berupa denda atau bahkan larangan transfer. Dan kabarnya Raiola memang sudah mengatur kepindahan Pogba ke Juventus secara gratis, lalu mendapat sebagian biaya transfer di masa depan.

Saksikan video menarik berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.

    Paul Pogba

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • pogba