Sukses

"Semestinya Bola Emas Milik Spanyol"

Pelatih Timnas Spanyol Vicente del Bosque menyatakan, gelar prestisius Ballon d'Or semestinya menjadi milik salah satu punggawanya yang menjuarai Piala Dunia. Pernyataan yang didukung tradisi.

Liputan6.com, Madrid: Pelatih Timnas Spanyol Vicente del Bosque menyatakan keyakinannya bahwa Ballon d’Or seharusnya diberikan kepada salah satu punggawa La Furia Roja. Hal itu didasari keberhasilan Spanyol menjuarai Piala Dunia di Afrika Selatan, Juni-Juli lalu.

Dalam tiga edisi seusai Piala Dunia gelar prestisius untuk individu pesepakbola itu selalu dimenangkan pemain yang berjasa membawa negaranya menjadi yang terbaik. Lihat bagaimana Zinedine Zidane meraihnya pada 1998, Ronaldo pada 2002, dan Fabio Cannavaro yang didaulat pada 2006.

Terlepas dari penilaian kualitas individu, Del Bosque yakin, permainan tim harus mendapat porsi di atas segalanya. "Tetapi tim kami (Spanyol) tampil sebagai juara. Jadi menurut hemat saya, alangkah lebih baik jika gelar itu diberikan ke salah satu pemain Spanyol," kata mantan pelatih Real Madrid ini.

Meski demikian Del Bosque menolak memberikan satu nama yang pantas meraih gelar pemain terbaik dunia tersebut. Andres Iniesta, Xavi Hernandez, David Villa, dan bahkan Iker Casillas merupakan nama-nama punggawa Spanyol yang disebut-sebut sebagai kandidat terkuat. Akan tetapi muncul nama Wesley Sneijder yang berjasa besar membawa Belanda ke final dan Inter Milan merengkuh treble winners.(DIM/Euronews)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.