Sukses

Menanti Verratti di Barcelona

Verratti boleh jadi jawaban bagi Barcelona yang sudah lama mengidamkan sosok pengganti Xavi.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona sedang membangun kembali kekuatan jelang musim anyar 2017/18 bergulir. Nahkoda tim sudah dipilih dan Ernesto Valverde menjadi orang yang terpilih untuk memimpin pasukan multitalenta di Barcelona.

Semasa kepelatihan Luis Enrique, Barcelona alami pasang surut prestasi. Sempat raih treble di musim pertama, prestasi Barcelona menurun di musim kedua dan ketiga Enrique.

Barcelona kalah adu pacu dengan Real Madrid, utamanya di Liga Champions. Rival abadi Barcelona itu sudah tiga kali rebut gelar Liga Champions di empat musim terakhir. Total, Madrid sudah gamit 12 kali trofi Liga Champions. Ini menandakan Barcelona sudah tertinggal dari rival abadi mereka tersebut.

Maka itu, Barcelona pun berbenah. Perombakan tidak saja di sisi kepelatihan. Barcelona juga merombak skuat musim lalu dengan cara membeli pemain-pemain terbaik. Salah satu transfer yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan yaitu pembelian Marco Verratti.

Gelandang lincah Paris Saint-Germain (PSG) itu gencar diberitakan segera bergabung dengan Barcelona. Playmaker asal Italia itu pun sangat ingin bergabung dengan Barcelona. Masalahnya, Verratti masih belum dilepas PSG. Klub asal Prancis itu ngotot akan mempertahankannya  musim depan.

Marco Verratti  (LLUIS GENE / AFP)

Pertemuan intensif sebenarnya sudah dilakukan Barcelona dengan Verratti dan agennya, Donato Di Campli. Tempatnya pun istimewa, yaitu di resor wisata Ibiza. Tak hanya dengan manajemen Barcelona, Verratti bahkan sudah hang out bareng Lionel Messi cs saat di Ibiza.

Saat menyandarkan yacht sewaan ke dermaga Ibiza, Kamis (22/6/2017) lalu, Verratti pun dikerubungi fans yang kemungkinan pecinta Barcelona. Mereka menanyakan bagaimana kabar transfer Verratti ke Barcelona.

"Negoisasi berjalan baik, semuanya berjalan baik," kata Verratti seperti dikutip sport.

Tak banyak kata yang diucapkan Verratti. Ini salah satu strategi yang dijalankannya untuk meredam suasana panas antara Barcelona dan PSG. Kata-kata yang tidak tepat dikhawatirkan akan memperkeruh suasana.


Tuah Veratti

Kenapa Barcelona begitu ngotot datangkan Verratti? Untuk posisi lini tengah, Barcelona malah bisa disebut kelebihan pemain. Posisi lini tengah Barcelona dihuni Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Denis Suarez, Rafinha, Sergi Roberto, Arda Turan, Andre Gomes dan Andres Iniesta.

Jadi mengapa Barcelona butuh pemain anyar di posisi ini? Verratti bukan nama baru di bursa transfer Barcelona. Klub asal Katalunya ini sejak dua musim terakhir selalu masukkan Veratti dalam daftar belanja. Meski begitu, pemain berusia 24 tahun itu pilih setia dengan PSG.

Bahkan musim lalu, Veratti perpanjang kontrak dengan PSG hingga 30 Juni 2021. Praktis, jika pun ingin diboyong, Barcelona wajib tebus klausul kontraknya atau lebih. Berdasarkan transfermarkt, Veratti setidaknya bernilai 45 juta euro atau Rp 670 Miliar.

Sejak 2015/16, Barcelona sudah tidak punya lagi playmaker mumpuni sekelas Xavi Hernandez. Verratti disebut-sebut bisa menggantikan peran Xavi di lini tengah Barcelona.

Marco Verratti  (PHILIPPE DESMAZES / AFP)

Lihat saja di dua musim terakhir, permainan Barcelona tak lagi bertumpu dari lini tengah. Barcelona lebih banyak mengandalkan bola cepat dari sayap yang langsung tertuju kepada trio MSN di lini depan. Rekrutan baru Barcelona seperti Ivan Rakitic, Andre Gomes atau Arda Turan belum bisa perankan itu.

Inilah mengapa Barcelona ngotot ingin datangkan Veratti musim ini. Legenda Barcelona, Xavi Hernandez sendiri sudah bicara jika Verratti mirip dirinya.

"Dia bakal menjadi pembelian ideal untuk Barcelona. Sedikit banyak dia mirip saya. Dia kerap mencari bola dari lini tengah dan mendikte permainan," kata Xavi beberapa waktu lalu.


Butuh Tumbal

Kehadiran Verratti, jika memang jadi bergabung, pasti bakal memakan tumbal. Barcelona dikabarkan bakal melepas beberapa pemain di lini tengah. Yang hampir pasti dilepas yaitu Arda Turan dan Rafinha, meski belum jelas ke mana kedua bintang ini akan berlabuh.

Bahkan, Verratti bisa mempercepat kepergian Iniesta. Belakangan ini santer diberitakan jika gelandang fenomenal Barcelona ini akan hengkang. Inter Milan dan Juventus sudah siap menampung Iniesta jika pergi.

Andres Iniesta menilai Marco Verratti sebagai pemain yang tepat untuk Barcelona. (AFP/Philippe Lopez)

Perlahan-lahan tapi pasti, Barcelona wajib meremajakan skuat mereka. Setelah Xavi, Iniesta pun sudah waktunya untuk digantikan perannya. Jasa-jasa Iniesta tentu sangat banyak. Dia, Messi, Busquets dan Xavi beberapa pilar lama yang sudah banyak berjasa untuk Barcelona.

Namun waktu pula yang membuat perubahan harus dilakukan. Transfer Veratti sangat dinantikan realisasinya. Pengamat sepak bola Spanyol, Sid Lowe, mengatakan Verratti tidak hanya mirip Xavi tapi lebih baik.

"Saya pikir dia lebih dinamis dan enerjik ketimbang Xavi. Mungkin itu yang dibutuhkan Barcelona di lini tengah," katanya. Jadi, ini saatnya bagi Barcelona untuk menanti Verratti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.