Sukses

Selain Ronaldo, Otoritas Pajak Bakal Periksa 4 Pemain Bintang Ini

Liputan6.com, Madrid - Otoritas pajak di Spanyol ternyata tidak hanya memburu kasus pajak Cristiano Ronaldo. Seperti dilansir AS, otoritas pajak juga mengincar empat pemain bintang yang bernaung di keagenan Jorge Mendes yang juga agen Ronaldo.

Empat pemain bintang itu yakni Diego Costa, Filipe Luis, James Rodriguez dan Jackson Martinez. Untuk Costa dan Luis, otoritas pajak bakal bekerja sama dengan otoritas Inggris.

Kasus yang disoroti yaitu kepindahan keduanya dari Atletico Madrid ke Chelsea. Selain itu, pada umumnya, otoritas pajak Spanyol ingin mengetahui apakah empat pemain ini gunakan struktur pemasukan seperti Ronaldo.

Seperti diketahui, Ronaldo dituduh menggelapkan pajak sebesar 14,8 juta euro atau Rp 219 Miliar. Jumlah ini salah satu kasus terbesar di antara yang lainnya.

AS yang melansir El Confidencial mengungkapkan, semua pemain itu gunakan perusahaan di luar negeri untuk menerima bayaran hak imej mereka. Kebanyakan, perusahaan fiktif itu berlokasi di Virgin Island dan juga Irish Companies MIM dan Polaris Sports.

Polaris Sports dikelola Luis Correia, keponakan Jorge Mendes. Mendes memiliki 30 persen saham di perusahaan itu. Masalah mulai muncul karena otoritas pajak Spanyol tak mengetahui pengaturan penghasilan seperti itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Detail Kasus

Diego Costa dikabarkan membuka perusahaan di luar negeri untuk menerima hak imej yang didapatkannya. Perusahaan yang dimiliki Jorge Mendes itu meyakini otoritas pajak tak bisa klaim apapun dari perusahaan itu.

Sedangkan James Rodriguez memakai Kenalton Assets Limited untuk mengatur pendapatan hak imejnya. Perusahaan itu juga terdaftar di jalan yang sama seperti perusahaan yang mengelola hak imej Ronaldo dan Jose Mourinho.

Agensi Ronaldo, Gestifute memastikan jika perusahaan yang menaungi James berbeda dari yang dimiliki Ronaldo. Soal Filipe Luis dan Jackson Martinez, Gestifute hanya mengurusi soal transfernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini