Sukses

Salah ke Liverpool, Chelsea Ketiban Untung

Liverpool memecahkan rekor transfer klub demi merekrut Salah, yang gagal bersinar di Chelsea.

Liputan6.com, London - Chelsea ketiban durian runtuh dari aksi Liverpool memecah rekor transfer klub dengan mendatangkan Mohamed Salah. Klub London Barat itu menerima 2,2 juta pounds (sekitar Rp 39 miliar).

Daily Mail melaporkan, Chelsea mendapat pemasukan ekstra karena memasukkan klausul transfer saat melepas Salah ke AS Roma sebesar 16 juta pounds pada 2015.

Dalam perjanjiannya, Chelsea akan menerima 10 persen dari keuntungan penjualan kembali pemain asal Mesir tersebut. Dengan Liverpool menyetor 39 juta pounds demi merekrut Salah, AS Roma berarti mengantongi laba 23 juta pounds.

Keberadaan klausul tersebut terbukti tepat. Meski gagal bersinar di Stamford Bridge, Salah menunjukkan kelasnya di Fiorentina dan AS Roma.

Torehan 34 gol dari 83 penampilan bersama klub ibu kota Italia itu meyakinkan Liverpool untuk memecahkan rekor transfer klub. Nilai pembelian Salah mengalahkan Andy Carroll, Luis Suarez, atau Fernando Torres.

Chelsea sebelumnya sudah mengantongi keuntungan 5 juta pounds hasil penjualan Salah ke AS Roma. Sebab, The Blues hanya menyetor 11 juta pounds ketika merekrutnya dari FC Basel.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.