Sukses

Pegolf Kaget Bola Masuk Lubang Tanpa Disentuh, Sihir?

Insiden langka ini terjadi di lapangan golf Inggris, Disley Golf Club.

Liputan6.com, Jakarta Nasib mujur tengah memayungi salah seorang pegolf yang bermain di Disley Golf Club dekat Stockport, Inggris. Tanpa perlu mengayunkan tongkat pemukul, pemuda yang sehari-hari bekerja sebagai agen asuransi itu mampu memasukkan bola ke lubang. 

William Henderson tengah bermain bersama rekan-rekannya saat insiden langka itu terjadi. Untuk menambah sengit persaingan, mereka pun bertaruh di setiap hole.

Saat memasuki lubang kesembilan, rekan-rekannya dibuat tercengang. Sebab bola milik Henderson tiba-tiba bergerak sendiri menuju lubang tanpa disentuh siapapun. 

Namun bukan kekuatan sihir yang membantunya melakukan hal itu, tapi sebuah helikopter yang lepas landas tidak jauh dari lokasi permainan. Angin yang ditimbulkan baling-balingnya tanpa sengaja mendorong bola milik Henderson menuju lubang. 

"Saya sedang melihat ambulans terbang saat anginnya mengembuskan bola saya menuju lubang," kata pegolf bernama William Henderson tersebut. "Saya biasanya tidak mungkin bisa mencetak skor dari sana, tapi bolanya langsung masuk," kata Henderson. 

Meski demikian, rekan sepermainan Henderson menolak membayar taruhannya. Sembari bercanda, mereka menuding Henderson bersekongkol dengan pilot helikopter. Mereka juga memberi julukan baru bagi pria 52 tahun itu yakni, "Henderson Helikopter".

Angin sebenarnya tidak termasuk dalam 'outside agency' yang dilarang pada permainan golf. Namun dalam kasus Henderson, hal itu tetap terlarang dan tidak sesuai aturan.  

"Meskipun angin tidak masuk dalam 'outside agency', tapi dalam kasus ini dorongan yang terjadi tergolong buatan," kata Mike Woodcock bagian pertandingan Royal dan Ancient. "Jika dorongan yang terjadi karena buatan, seperti kipas atau baling-baling yang menggerakkan bola, maka aturan 18-1 berlaku. Bola harus dikembalikan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.