Sukses

FIFA Klaim VAR Bantu Wasit Bikin Keputusan Krusial

FIFA mengklaim penggunaan teknologi video (VAR) untuk membantu tugas wasit berjalan lancar.

Liputan6.com, Moscow - FIFA mengklaim penggunaan teknologi video (VAR) untuk membantu tugas wasit berjalan lancar. Mereka juga mengungkapkan banyak keputusan penting yang diambil dengan bantuan VAR tersebut.

Untuk pertamakalinya, VAR dipakai dalam Piala Konfederasi 2017. Ada dua asisten wasit yang bertugas memantau jalannya pertandingan melalui rekaman video.

Nantinya dua asisten ini akan membantu wasit menganalisa keputusan yang diambil. Termasuk dalam urusan penalti, kartu merah, atau gol.

"Secara umum VAR berjalan sangat baik. Namun memang masih banyak yang harus diperbaiki," kata Ketua Komisi Wasit FIFA, Massimo Busacca seperti dilansir Reuters.

"Ada enam keputusan yang berdampak besar pada pertandingan keluar karena bantuan VAR. Selain itu 29 insiden besar lain juga dikoreksi melalui VAR."

Meski demikian FIFA belum memutuskan apakah tetap memakai VAR pada Piala Dunia 2018. Semua akan dibahas dengan seluruh anggota FIFA, Maret tahun depan.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.