Sukses

3 Guyonan Olahraga ala Barack Obama

Liputan6.com, Jakarta Terlepas dari dunia politik, Barack Obama dikenal sangat akrab dengan dunia olahraga. Bkan hanya sebagai penggemar semata, mantan presiden Amerika Serikat tersebut juga piawai memainkan beberapa permainan, seperti basket dan golf.  

Selama menjabat sebagai Presiden AS, Obama pernah bermain basket dengan bintang Cleveland Cavaliers, LeBron James. Dia juga mengisi waktu dengan bermain golf bersama Tiger Woods. Di sela-sela tugasnya sebagai kepala negara yang padat, Obama juga masih menyempatkan diri bermain golf di Gedung Putih.   

Setelah lengser dari jabatannya, jiwa olahraga Obama juga tidak banyak berubah. Sebaliknya, alumnus Harvard tersebut bahkan lebih berani menjajal olahraga ekstrem seperti kite-surfing (berselancar dengan layangan). Bahkan saat berkunjung ke Bali, Obama juga sempat bermain arung jeram di Desa Rafting Bongkasa, Senin (26/6/2017).

Selain itu pemahaman Obama terhadap dunia olahraga juga terbilang luas. Bahkan, dalam beberapa sambutannya Obama kerap melontarkan guyonan segar bertema olahraga. Salah satunya saat memberikan kata sambutan dalam acara penganugerahan medali Presidential Medal of Freedom, tahun lalu. 

Saksikan juga video menarik lainnya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Michael Jordan

Dalam pidatonya, Obama menyebut penghargaan tersebut diberikan kepada warga AS yang dianggap memberikan karya yang luar biasa kepada negaranya. Mereka berasal dari berbagai bidang, mulai dari aktor, pegawai negeri, sutradara, hingga atlet.

Namun tawa hadirin pecah, saat Obama menyebut salah satu profesi, yakni tokoh karakter. "Seperti pria dari 'Space Jam'," ujar Obama disambut tawa peserta. 

Candaan ini tentu saja untuk menggoda legenda NBA, Michael Jordan yang juga hadir dalam acara tersebut. Seperti diketahui, Jordan merupakan salah satu tokoh utama pada film animasi yang dirilis pada tahun 1996 tersebut. Beberapa kali Obama menggoda Jordan lewat pidatonya. Namun di balik itu, Obama sangat mengagumi Jordan dan berharap warga Amerika Serikat bisa belajar dari mantan pemain Chicago Bulls itu.

"Dia lebih dari sekedar internet meme," ujar Obama memuji Jordan yang kembali disambut tawa hadirin seperti dilansir sbnation.com. 

3 dari 4 halaman

Guyonan O-Bama

Selama menjabat sebagai presiden AS, Obama rajin mengundang para pelaku olahraga ke Gedung Putih. Selain atlet perorangan, Obama juga menerima kunjungan tim dari berbagai cabang olahraga yang baru meraih gelar juara atau mengukir prestasi. 

Salah satunya, The Alabama Crimson Tide. Tim Rugbi Kampus asal Alabama ini bahkan sudah empat kali berkunjung ke Gedung Putih. Mereka diundang setelah keluar sebagai juara nasional empat kali semasa Obama menjabat, yakni 2009, 2011, 2012, dan 2015. 

Nah, saat kunjungan terakhirnya Maret lalu, Obama pun melempar guyonan kepada hadirin saat menerima kehadiran The Alabama. "Ini kali keempat saya menjamu Alabama di Gedung Putih. Jadi, jelas saya membawa keberuntungan," katanya.

"Anda bisa memanggil saya 'O-bama," ujar Obama yang disambut tawa para hadirin. 

4 dari 4 halaman

Celana Dalam David Beckham

Sepak bola bukanlah olahraga populer di Amerika Serikat. Namun Los Angeles (LA) Galaxy Galaxy yang berlaga di Major Soccer League (MLS) juga pernah diundang ke Gedung Putih saat keluar sebagai juara pada musim kompetisi 2011-12.

Saat itu, LA Galaxy masih diperkuat oleh selebritas lapangan hijau David Beckham. Kesempatan ini pun digunakan Obama untuk melempar guyonan saat memberikan pidato penyambutan.

"Sebenarnya di sini ada pria langka yang sangat tangguh di lapangan dan sekaligus punya merek pakaian dalamnya sendiri. David Beckham adalah orangnya," ujar Obama dalam sambutannya. Obama juga bercanda dengan usia Beckham yang sudah 38 tahun.

Namun menariknya, setelah acara tersebut, David Beckham kabarnya justru mengirimkan sekotak celana dalam sebagai kenang-kenangan kepada Obama. Istri Obama, Michelle sangat senang dan memastikan suaminya akan mengenakannya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.