Sukses

Saran Giggs: MU Harus Cetak Gol dari Semua Lini

Giggs berharap pemain baru yang datang ke MU bisa menambah kualitas serangan.

Liputan6.com, Manchester - Ketergantungan Manchester United (MU) kepada Zlatan Ibrahimovic di musim lalu terlihat sangat jelas. Saat mantan penyerang Barcelona dan AC Milan itu absen, The Red Devils kesulitan mencetak gol.

Kontribusi Ibrahimovic bagi MU di musim lalu memang sangat besar. Didatangkan dengan gratis, pemain berusia 35 tahun itu mengemas 28 gol dan 10 assist dari 46 pertandingan. Ironisnya, MU justru malah kebingungan saat Ibrahimovic tak bermain.

Buktinya, tak ada satu pun pemain yang mampu mendekati torehan gol Ibrahimovic. Marcus Rashford yang menjadi pilihan utama sejak Ibrahimovic cedera juga tak begitu memuaskan. Di semua kompetisi, hanya 11 gol yang disumbang pemain pemain berusia 19 tahun itu.

Ryan Giggs yang mendedikasikan seluruh karier bermainnya hanya untuk MU ikut menyesalkan tren negatif tersebut. Karena itu, ia pun berharap Jose Mourinho bisa melakukan perbaikan di semua sektor.

"Dalam pandangan saya, MU memiliki musim yang fantastis. Mereka memenangi dua piala, Community Shield tak masuk hitungan. Tapi mereka tertinggal 24 poin dari Chelsea di liga. Pembelian Jose sudah sangat bagus sejak ia mengambil alih. Jika ia kembali membawa pemain bagus, mengapa mereka tidak punya kesempatan memenangkan liga?" kata Giggs, dikutip Manchester Evening News.

"Hal utama yang harus mereka lakukan adalah menciptakan gol dari semua tempat. Anda tak bisa hanya mengandalkan satu pemain seperti yang mereka lakukan dengan Ibrahimovic di musim lalu. Semua tim yang sukses menghasilkan 30 gol dari lini depan dan dari banyak lini," ia menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produktivitas Minim

Produktivitas memang menjadi masalah besar bagi MU di musim lalu. Di Liga Inggris, hanya 54 gol yang didapat Setan Merah dari 38 laga. Mereka juga menjadi tim dengan produktivitas terburuk di antara penghuni tujuh besar.

Bahkan, catatan gol mereka kalah dari AFC Bournemouth yang finis di urutan kesembilan dan hanya unggul empat gol atas Crystal Palace yang finis di urutan ke-14. Itu mengapa pemain incaran MU di musim ini hampir semuanya bertipe menyerang.

Penyerang Real Madrid, Alvaro Morata menjadi salah satu incaran Manchester United (MU) di musim panas ini. (Filippo MONTEFORTE / AFP)

"Saya selalu mengatakan Anda tak hanya butuh kualitas, tapi juga karakter yang bisa datang ke Old Trafford dan membuat dampak instan seperti Ibrahimovic. Anda butuh striker terbaik yang telah teruji," ungkap Giggs.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Ryan Giggs