Sukses

5 Alasan Ramos Lebih Hebat dari Gerard Pique

Jika persaingan Lionel Messi versus Cristiano Ronaldo selalu sengit, maka pertarungan antara Sergio Ramos dan Gerard Pique tak kalah panas.

Liputan6.com, Madrid - Jika menurut Anda Lionel Messi versus Cristiano Ronaldo selalu sengit, maka pertarungan antara Sergio Ramos dan Gerard Pique tak kalah panas. Kedua sosok ini selalu perang urat saraf tiap kali tim yang dibelanya mau berjumpa.

Tak bisa dimungkiri kalau kedua bek tersebut adalah yang terbaik di Spanyol, bahkan dunia. Keduanya acap mewakili citra Spanyol di dunia.

Akan tetapi, ternyata Ramos dianggap lebih besar ketimbang Pique. Ada beberapa alasan, salah satunya soal pengalaman.

Apalagi, Ramos menjadi sosok yang dipercayakan pegang kapten di Madrid maupun timnas. Ada lima alasan lain yang patut diketahui, apa saja? Berikut daftarnya seperti dikutip Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Dia Memiliki Lebih Banyak Caps

Tanda pemain bagus adalah seberapa sering mereka mewakili tim nasional. Karena, hanya pemain terbaik yang bisa memperkuat timnas.

Sergio Ramos telah mewakili timnas senior sebanyak 143 kesempatan, sementara Piqué telah mengenakannya baru 89 kali. Jangan lupa bahwa keduanya hanya berselisih usia satu tahun, jadi tidak ada alasan usia jadi masalah. Tentunya semua yang terjadi adalah kualitas dan kepercayaan dari para pelatih timnas.

Yang jelas, Sergio Ramos ditunjuk sebagai komponen penting dari dua EURO yang diraih Spanyol dan Piala Dunia. Sementara Piqué dianggap hanya dianggap sebagai pendukung.

3 dari 6 halaman

4. Ramos Tak Bertingkah di Twitter

Bak pepatah jarimu adalah harimaumu, beberapa kali Pique acap membuat perdebatan lewat cuitannya di Twitter.

Bek tengah Barcelona ini sering menjadi berita utama di Spanyol karena pujiannya kepada Lionel Messi dan rekan setimnya. Dia juga sering merendahkan saingannya di Madrid. Sergio Ramos tidak melakukan hal itu.

Sebab, dia terlalu sibuk untuk meraih kembali trofi Liga Champions dan gelar La Liga. Sergio Ramos tidak perlu cari perhatian, dia menang untuk mendapat perhatian.

4 dari 6 halaman

3. Ramos Adalah Kapten, Piqué Tidak

Ada tambahan elemen dari tekanan yang berkaitan dengan menjadi kapten tim sepak bola. Di Real Madrid, meski ada kehadiran Cristiano Ronaldo, Sergio Ramos telah dipercayakan sebagai kapten.

Di Barcelona, Gerard Piqué belum diberi penghargaan seperti itu. Sebaliknya, ia memainkan peran kedua di belakang Lionel Messi. Untuk membuktikannya bukan sekedar taktik, Sergio Ramos juga kapten tim nasional Spanyol, ironisnya Pique adalah rekan duetnya.

Kualitas kepemimpinan adalah apa yang membedakan bek besar dari yang rata-rata lainnya. Dalam skenario ini, Sergio Ramos akan selamanya lebih besar dari Gerard Piqué karena dia adalah pemimpin sebuah negara, bukan pengikut.

5 dari 6 halaman

2. Ramos Rajin Cetak Gol

Ramos dikenal sebagai kartu as El Real. Andai Madrid dalam kesulitan, entah kebetulan atau tidak, Ramos selalu muncul dan mencetak gol penentu.

Dalam karier sepak bolanya, Sergio Ramos secara langsung berkontribusi pada 118 gol, mencetak 81 di antaranya. Itu benar-benar istimewa bagi seorang bek.

Sebaliknya, Gerard Piqué hanya mencetak 45 gol dalam 531 pertandingan untuk Barca maupun Spanyol. Maka, tepat jika dirasa tidak semua orang bisa selengkap seperti Sergio Ramos.

6 dari 6 halaman

1. Ramos Adalah Bek yang Lebih Baik

Di Barcelona, bek diberikan sejumlah tanggung jawab, tapi utamanya adalah bertahan. Sementara di Bernabéu, Los Blancos bermain dalam sistem counter-attack yang mengandalkan lebih pada bertahan 1v1. Ini berarti Ramos sering diuji setiap pertandingan terlepas dari kualitas lawan.

Selama lima laga terakhir La Liga, Sergio Ramos telah melakukan 1,6 tackles per 90 menit, dibandingkan dengan Pique, yakni 1.44. Kapten Madrid itu juga membuat lebih banyak interceptions (2,53) dari pada Gerard Piqué (1,95) per 90 menit.

Ini menunjukkan bek berusia 31 tahun tidak hanya apik dalam memimpin, tapi juga lihai menjaga kedalaman. So, apakah semua ini sudah jelas buat Anda? (Indra Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini