Sukses

Cerita Menarik Tentang MotoGP Jerman

Dalam empat musim terakhir, Marc Marquez selalu meraih podium pertama MotoGP Jerman.

Liputan6.com, Sachsenring - Grand Prix Jerman akan menjadi pertarungan yang sangat menuntut fisik para pembalap di kelas utama MotoGP. Terlebih, peta persaingan perebutan gelar juara dunia musim ini terbilang ketat. Ini mengingat posisi pertama dan kelima cuma terpaut 28 poin saja.

Sachsenring merupakan sirkuit terpendek pada kalender MotoGP musim ini, yakni 3,6 km. Dalam empat musim terakhir, hanya satu pembalap di kelas utama yang mampu berdiri gagah di podium pertama, yakni Marc Marquez.

Marquez memiliki catatan bagus selama mengaspal di Sachsenring. Pembalap Repsol Honda ini mengoleksi tujuh kemenangan beruntun sejak 2010 hingga 2016.

Tetapi, keberhasilan Marquez menguasai Sachsenring tidak bisa dijadikan sebagai tolok ukur. Sebab, ada beberapa pembalap yang baru saja membangun mental balapannya, seperti Valentino Rossi. Pembalap Movistar Yamaha itu baru saja menjuarai MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, akhir pekan lalu.

Lantas siapa yang akan memenangkan balapan di Sirkuit Sachsenring?

Simak video menarik berikut ini:

 

Cerita Menarik Tentang Sachsenring

1. Sachsenring adalah sirkuit paling pendek dalam kalender musim ini, dengan panjang hanya 3,671 km atau 2,281 mil.

2. Sachsenring pertama kali menggelar kejuaraan dunia pada 1961 dan tak penah absen hingga 1972. Saat itu, treknya masih berupa sirkuit jalanan tertutup dan hanya satu lintasan pendek yang masih dipakai hingga sekarang. Pada 1998, sirkuit ini masuk kalender rutin menggantikan trek ikonik lainnya di Jerman yaitu Nurburgring dan Hockenheim.

3. Tikungan ke-11 adalah yang paling menyulitkan dan paling sering menyebabkan kecelakaan. Tikungan ini adalah yang paling lebar di trek, yang bisa dilibas dengan gigi kelima dengan kecepatan 120 mil (192 km) per jam.

Permulaan tikungan ini adalah tanjakan yang segera berubah menjadi turunan. Sebagai tambahan, tikungan ini berbelok ke kanan setelah para pembalap melewati tujuh tikungan ke kiri dalam durasi sekitar 31 detik, sehingga ban di sisi kanan masih dingin ketika tiba di mulut tikungan ke-11. Ini akan menjadi ujian tersendiri bagi ban Michelin.

4. Marc Marquez adalah pembalap tersukses yang telah mengumpulkan tujuh kemenangan secara beruntun di tiga kelas berbeda (2010 di kelas 125cc, 2011 dan 2012 di kelas Moto2, sementara 2013, 2014, 2015, dan 2016 di kelas MotoGP).

5. Marc Marquez juga dikenal sebagai pembalap yang paling banyak meraih pole position dalam kualifikasi di MotoGP Jerman. Tercatat ia sudah mengantongi empat pole, sama dengan raihan pole yang didapat Casey Stoner.

6. Dani Pedrosa punya catatan bagus dengan merebut enam kemenangan di Sachsenring (2004 dan 2005 di kelas 250cc. Sedangkan tahun 2007, 2010, 2011 dan 2012 di kelas MotoGP).

7. Jorge Lorenzo tak pernah menang di Sachsenring. Ini satu-satunya trek di mana dia pernah membalap 13 kali dan tak pernah menang.

8. Kemenangan Yamaha terakhir di Sachsenring diraih oleh Valentino Rossi pada 2009.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.