Sukses

MotoGP Jerman: Vinales Menilai Marquez Sengaja Menyenggolnya

Vinales mengkritik Marquez yang menyenggolnya pada Q2 MotoGP Jerman 2017.

Liputan6.com, Hohenstein-Ernstthal - Maverick Vinales masih belum bisa mengerti apa tujuan Marc Marquez soal insiden yang terjadi pada kualifikasi MotoGP Jerman 2017 di Sirkuit Sachsenring, Sabtu (1/7/2017). Vinales berpikir Marquez hanya ingin membuat dirinya emosi.

Guyuran hujan deras membuat awal sesi kualifikasi 2 (Q2) MotoGP Jerman berlangsung monoton. Pasalnya, para pembalap memilih berhati-hati dan menunggu hingga lintasan sedikit mengering. Hal itu pula yang dilakukan Marquez, pembalap Repsol Honda.

Saat ia melaju cukup pelan, Vinales datang dari belakang dan mengambil sudut dalam tikungan kedua yang juga tengah dilewati Marquez. Tak terima, Marquez membalas aksi Vinales pada tikungan selanjutnya.

Namun, The Baby Alien menyenggol motor YZR-M1 Vinales. Terkejut, Vinales meluapkan emosinya dan mempertanyakan tindakan Marquez. Bahkan, keduanya masih sempat adu argumen di tengah lintasan pada akhir sesi Q2.

"Hal ini adalah sesuatu yang saya simpan di ingatan saja. Jika saya harus bertindak serupa di masa depan (menabrak Marquez), saya tak akan berpikir dan melakukannya," ujar Vinales, dilansir Crash.

"Marc berhenti di tengah tikungan pertama, lalu ia melakukannya. Sulit berpikir dia tidak sengaja bertindak seperti ini. Sudah jelas bagi saya di mana batas (apa yang boleh dan tidak) di antara para pembalap," tambah juara tiga seri pada MotoGP 2017 ini.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Emosi

Meski begitu, Vinales memastikan bahwa tindakan Marquez tak akan membuatnya kehilangan konsentrasi jelang balapan. Tapi sekali lagi ia tetap yakin bahwa Marquez memang sengaja melakukan senggolan terhadapnya.

Debat antara pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez pada akhir sesi kualifikasi MotoGP Jerman 2017 di Sirkuit Sachsenring. (Crash)

"Ketika melewati tikungan kedua, Marc ingin mengerem dengan motor saya, bukan untuk menikung. Jika Marquez mencoba membuatku tersinggung, ia tak akan menemukan apapun," tegas Vinales.

Hasil kualifikasi kedua pembalap itu sendiri bertolak belakang. Jika Marquez sukses merebut pole position, Vinales justru akan memulai balapan dari urutan ke-11. Ia terpaut 1,521 detik dari Marquez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.