Sukses

MotoGP Jerman: Rossi Heran Motornya Lebih Lambat

Rossi menilai semua pembalap Yamaha memiliki masalah sama pada MotoGP Jerman.

Liputan6.com, Hohenstein-Ernstthal - MotoGP Jerman 2017 di Sirkuit Sachsenring, Minggu (2/7/2017), tampaknya bakal menjadi ujian berat bagi para pembalap Yamaha. Prediksi ini muncul melihat kesulitan Yamaha menandingi kecepatan motor Honda dan Ducati pada sesi kualifikasi.

Pada kualifikasi 2 (Q2) MotoGP Jerman, Sabtu (1/7/2017), Jonas Folger menjadi satu-satunya pembalap Yamaha yang bisa mendekati kecepatan Ducati dan Honda. Pembalap Yamaha Tech 3 itu start dari urutan kelima.

Berbeda dengan Valentino Rossi yang akan memulai balapan dari baris ketiga atau posisi kesembilan. Kepastian itu didapat setelah pembalap Movistar Yamaha tersebut memiliki catatan waktu yang terpaut 1,367 detik dari Marc Marquez, pembalap Repsol Honda yang merebut pole position.

Hal itu membuat The Doctor sedikit pesimistis menghadapi balapan MotoGP Jerman. Pembalap berusia 38 tahun itu juga mengaku tak tahu apa penyebab YZR-M1 begitu lambat di Sachsenring.

"Sayangnya dalam basah saya berjuang. Sepertinya semua Yamaha, kecuali Folger, sedikit lambat dari Ducati dan Honda. Kualifikasi berjalan sangat sulit. Kami mencoba banyak hal berbeda, tapi kami tak pernah cukup kuat," kata Rossi, dilansir Crash.

Bagi Rossi sendiri, tanda-tanda buruk performa motornya sudah terlihat sejak latihan bebas (FP) 1 MotoGP Jerman. Ia tak pernah sekalipun mampu bersaing dengan masuk deret lima besar. Aksi terbaiknya saat duduk di urutan keenam pada FP3 dengan selisih 0,566 detik dari pembalap tercepat.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekecewaan Rossi

Situasi itu sangat disayangkan mengingat The Doctor berharap bisa melanjutkan tren positifnya. Maklum, ia baru saja mengakhiri paceklik kemenangan selama setahun dengan merebut podium juara MotoGP Belanda 2017 di Sirkuit Assen.

"Kami tidak tahu apa yang terjadi dan apa perbedaannya. (Johann) Zarco dengan motor 2016, pekan lalu berada di posisi terdepan (lintasan basah Assen) dan setelah sepekan dalam kondisi yang sama, ia berada di posisi ke-19," jelas Rossi.

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi jelang balapan MotoGP Jerman 2017 di Sirkuit Sachsenring. (Hendrik Schmidt/dpa via AP)

"Saya kuat di Assen, juga di lintasan basahnya. Di sini saya lebih berjuang, sangat sulit dimengerti. Dibandingkan tahun lalu, perasaan dengan motor sangat berbeda. Tahun lalu, saya adalah salah satu yang tercepat di sini," ia menambahkan.

Kebetulan, Rossi juga sudah cukup lama tak mencicipi podium juara MotoGP Jerman. Kemenangan terakhir di Sachsenring didapat pembalap asal Italia itu pada 2009. Sejak itu, pencapaian terbaik Rossi hanya finis di posisi ketiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.