Sukses

Final Piala Konfederasi 2017: Jerman Siap Amankan Gelar

Ini menjadi pertemuan kedua Jerman dan Chile di Piala Konfederasi 2017.

Liputan6.com, Saint Petersburg - Final Piala Konfederasi 2017 mempertemukan Jerman dan Chile di Stadion Kretovskyi, Saint Petersburg, Senin (2/7/2017) dinihari WIB. Bagi Jerman, ini adalah kali pertama mereka tampil di laga puncak kompetisi itu.

Sebelumnya, pencapaian terbaik Jerman di Piala Konfederasi adalah mengamankan posisi ketiga pada edisi 2005. Karenanya, pelatih Joachim Low memastikan Jerman tak akan menyia-nyiakan kesempatan meraih gelar untuk kali pertama.

"Banyak pekerjaan yang telah dilakukan untuk mencapai kemenangan kami. Kami diprediksi tak bisa mencapai final karena beberapa pemain minim pengalaman dan Anda tidak bisa membayangkan bagaimana reaksi mereka," ujar Low, dikutip BBC.

Awalnya, Jerman memang tak dijagokan bakal melaju ke final. Itu karena mereka tak membawa pemain-pemain yang selama ini menjadi andalan. Sebagian besar pemain Der Panzer adalah wajah baru. Bahkan, mereka menjadi tim dengan rata-rata usia termuda di Piala Konfederasi, yakni 24 tahun.

Hebatnya, hal itu tak membuat Jerman minder menghadapi persaingan di Piala Konfederasi 2017. Grup A mereka kuasai setelah menorehkan dua kemenangan dan satu hasil imbang. Di semifinal, mereka menunjukkan kegidayaannya atas Meksiko

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekad Bungkam Chile

Meksiko yang berstatus juara bertahan Piala CONCACAF itu dipecundangi Jerman 4-1. Leon Goretzka muncul jadi bintang baru. Pemain berusia 22 tahun itu menyumbang dua gol dalam kemenangan atas Meksiko. Total, sudah tiga gol dilesakkan gelandang Schalke 04 itu.

Para pemain Jerman berlari ringan saat latihan terakhir jelang laga final Piala Konfederasi melawan Cile di St Petersburg, Sabtu (1/7/2017). (AFP/Mladen Antonov)

"Kami telah menjadi sebuah tim selama beberapa pekan terakhir. Mereka tahu ada pekerjaan di depan yang menanti. Mereka cukup ambisius mengalahkan Chile," tutur Low.

Tak hanya Jerman, ini juga kali pertama bagi Chile melaju ke final Piala Konfederasi. Tim asuhan Juan Antonio Pizzi itu juga sempat bertemu Jerman di fase grup. Kala itu pertarungan kedua tim berakhir imbang 1-1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.