Sukses

Daftar Fakta Menarik Usai Marquez Rajai MotoGP Jerman

Marquez raih delapan kemenangan beruntun di Sirkuit Sachsenring, MotoGP Jerman.

Liputan6.com, Sachsenring - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, kembali merajai MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (2/7/2017). Marquez finis terdepan untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut di Sirkuit Sachsenring.

Sirkuit Sachsenring bagaikan venue keberuntungan Marquez. Ia juga memulai balapan dari pole position dan benar-benar sulit dibendung.

Pembalap Yamaha Tech 3, Jonas Folger, sempat menyalip Marquez, tapi tak mampu mempertahankan momentum tersebut. Pembalap tuan rumah tersebut akhirnya menyudahi balapan di posisi kedua.

Posisi ketiga ditempati pembalap Repsol Honda lainnya, Dani Pedrosa. Dia sempat menempati posisi kedua, meski kemudian dilewati Folger.

Keberhasilan Marquez dan Pedrosa naik podium juga mengukuhkan dominasi Honda di MotoGP Jerman. Pabrikan asal Jerman tersebut merupakan tim yang paling sering merebut podium utama pada MotoGP Jerman.

Apalagi fakta menarik yang tercipta setelah Marc Marquez merebut kemenangan di MotoGP Jerman? Berikut rangkuman dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Fakta Menarik

1. Marc Marquez memperpanjang rekornya dengan juara delapan kali secara beruntun di Sirkuit Sachsenring. Lima kemenangan
diraih pada kelas MotoGP, tepatnya sejak Baby Alien promosi ke kelas premier pada 2013.

2. Marc Marquez memastikan jadi juara paruh musim berkat kemenangan ini. Dia mengantongi nilai 129, unggul lima poin atas Maverick Vinales yang menempati posisi kedua.

3. Honda merebut kemenangan ke-14 di MotoGP Jerman berkat kemenangan Marquez pada malam ini. Hebatnya, delapan kemenangan terakhir diraih secara beruntun, masing-masing melalui Dani Pedrosa (2010-2012) dan Marquez (2013-2017).

4. Pembalap Yamaha Tech 3, Jonas Folger, mencicipi podium untuk kali pertama di ajang MotoGP. Yang istimewa, podium tersebut diraih di negaranya sendiri, disaksikan penonton tuan rumah yang datang langsung ke Sirkuit Sachsenring.

5. Folger menjadi pembalap ke-10 yang mampu finis di podium pada musim ini.

6. Marc Marquez menjadi pembalap keempat yang sempat memuncaki klasemen pada musim ini. Sebelumnya tiga pembalap lain yang pernah duduk di puncak adalah Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi.

7. Empat pembalap Yamaha yang tampil pada MotoGP Jerman 2017 mampu finis lebih baik dibanding posisi startnya. Vinales yang start dari posisi ke-11, finis di urutan keempat. Rossi yang balapan dari grid ke-9, akhirnya menyudahi balapan di posisi kelima. Jonas Folger naik dari posisi kelima menjadi runner up, sedangkan Johann Zarco dari posisi ke-19 menjadi kesembilan.

(Artikel asli ditulis Yus Mei Sawitri /Diedit Yus Mei Sawitri/ Bola.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.