Sukses

Pakai Sasis Lama, 2 Pembalap Satelit Yamaha Kejutkan Rossi

Folger dan Zarco memberikan persaingan ketat di MotoGP musim ini.

Liputan6.com, Sachsenring - Dua pembalap tim Monster Yamaha Tech 3, Jonas Folger dan Johann Zarco, membuat terkejut Valentino Rossi. Pembalap tim satelit Yamaha itu tampil cemerlang menggunakan sasis lama Yamaha di MotoGP 2017.

Tidak seperti Movistar Yamaha, timnya Rossi, yang menggunakan motor YZR-M1 dengan sasis terbaru, Monster Yamaha Tech 3, hanya menggunakan sasis tahun 2016. Namun demikian, Folger dan Zarco memberikan persaingan ketat di MotoGP musim ini.

Zarco mampu finis di posisi kedua saat MotoGP Prancis, 21 Mei 2017. Sedangkan Folger menempati posisi kedua sekaligus mengalahkan dua pembalap Movistar Yamaha, Rossi dan Maverick Vinales, di MotoGP Jerman, 2 Juli lalu.

"Sepanjang musim ini, pembalap Monster Yamaha Tech 3 menunjukkan kegembiraan dengan motor 2016. Mereka membuat perbedaan untuk balapan kali ini," ucap Rossi, seperti diberitakan Crash.

"Namun, mereka juga pembalap yang baik dan kuat. Zarco sangat tangguh di Le Mans, sedangkan Folger membuat kejutan pekan lalu. Keduanya sangat cepat dan pandai mengatur ban belakang," ucapnya menambahkan.

Rossi menegaskan, dia tidak sehebat Zarco dan Folger yang mampu menjaga keseimbangan ban belakang. Ban Michelin yang disediakan untuk musim ini memang sering dikeluhkan pembalap MotoGP karena cepat aus.

"Itu merupakan masalah kami yang terus diperbaiki. Ini tidak mudah karena ban mengalami perubahan besar sejak tahun lalu, bahkan setiap minggunya. Kami tidak mampu memperbaikinya setiap waktu," ucap pria berusia 38 tahun tersebut.

Dari sembilan seri MotoGP musim ini, Zarco dan Folger sering mengancam pembalap papan atas. Di papan klasemen, Zarco sudah mengoleksi 84 poin, sedangkan Folger sudah mengemas 71 poin.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.