Sukses

Sukses Valentino Rossi Bikin Kagum Pembalap F1

Valentino Rossi sudah mengantongi 89 kemenangan di kelas utama.

Liputan6.com, Spielberg Bulan lalu, Valentino Rossi mencatat rentang kemenangan terpanjang dalam sejarah balap motor, yakni 21 tahun. Prestasi itu diukir pembalap Yamaha saat menaklukkan Sirkuit Assen, Belanda.

Perhitungan itu muncul kala melihat rapor kemenangan pertama Rossi di Republik Ceko saat masih berada di kelas 125cc pada 1996. Terbaru, The Doctor merebut podium pertama di Assen.

Total, Valentino Rossi sudah mengantongi 89 kemenangan di kelas utama (GP 500/MotoGP) atau yang ke-115 di semua kelas. Capaian luar biasa itulah yang membuat Daniel Ricciardo kagum.

Rossi merupakan satu-satunya atlet yang sangat menginspirasi karier Ricciardo di ajang Formula 1. Pilot jet darat Red Bull itu mengakui balap MotoGP tidak hanya mengedepankan sudut pandang fisik saja.

Risiko keselamatan pembalap selama mengaspal di arena pacuan kuda besi juga menjadi salah satu faktor mengapa balapan motor ini sangat digandrungi banyak penggemar.

"Salah satu olahragawan favorit saya adalah Valentino Rossi. Dia 10 tahun lebih tua dari saya. Namun, seseorang mengatakan kepada saya bahwa rentang antara kemenangan pertamanya dan yang terakhir di Assen hampir 21 tahun, 21 tahun!" kata Ricciardo seperti dikutip dari laman resmi Red Bull.

"Valentino jelas melakukan banyak hal, tapi dia adalah inspirasi, bahkan tidak hanya dari sudut pandang fisik saja. Jadi baginya untuk tetap melakukannya seperti semula dan berada tepat di posisi ideal pada klasemen merupakan hal sangat luar biasa."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembalap Luar Biasa

Ricciardo menambahkan, secara mental Rossi belum diimbangi dengan kecakapan tim Yamaha dalam memenuhi permintaannya. Namun di luar itu, pria yang masih jomblo tersebut adalah pembalap yang luar biasa.

"Ketika suatu hari nanti saya memutuskan pensiun, kurasa itu akan menjadi hari yang paling melelahkan. Karena hampir sebagian waktu dihabiskan di arena balap, saya tentu ingin berbaring sebentar serta tak melihat kesibukan di bandara," ujarnya.

"Tapi Valentino Rossi sangat mengherankan saya, karena betapa sibuknya hidup. Kombinasikan itu dengan sisi fisik dan bagaimana dia berpacu dengan sesama generasi yang lebih muda darinya dan dia masih di atas sana. Dia hanya membuatku kagum," pungkas Ricciardo.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.