Sukses

WBO Hitung Ulang Kemenangan Horn atas Pacquiao

Namun, WBO tidak bisa mencopot gelar kelas welter milik Horn usai menang angka atas Pacquiao.

Liputan6.com, Manila - World Boxing Organisation (WBO) memenuhi permintaan Manny Pacquiao untuk menyelidiki hasil pertandingan melawan Jeff Horn, Minggu (2/7/2017). Namun, WBO tidak akan mencabut titel juara petinju asal Australia tersebut.

Horn menang angka mutlak atas Pacquiao pada perebutan sabuk juara kelas welter.

Hasil ini memancing kontroversi karena banyak yang menganggap Pacquiao dirampok. "Sayangnya, kami tidak punya kuasa mencopot gelar. Kami baru bisa melakukannya jika terbukti adanya penipuan atau pelanggaran peraturan," kata Presiden WBO, Francisco Valcarcel, dikutip Guardian.

"Kami cuma bisa menunjuk komite independen, berisi lima juri, yang nantinya menghitung ulang skor pertandingan tersebut," sambungnya. 

Ketiga juri laga itu, yakni Waleksa Roldan (117-111), Chris Flores (115-113), dan Ramon Cerdan (115-113), memberi kemenangan bagi Horn. Padahal Pacquiao unggul jumlah pukulan yang masuk.

Dengan keputusan WBO, peluang terbaik Pacquiao kembali juara adalah dengan mengaktifkan klausul rematch melawan Horn.

Hasil duel akhir pekan lalu merupakan kekalahan pertama Pacquiao sejak menyerah di hadapan FloydMayweather Jr pada 2015. Sejak itu dia sempat memenangkan dua laga melawan TimothyBradley dan JessieVargas.

Simak video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.