Sukses

Selain Striker MU, 3 Pemain yang Kembali ke Mantan Klub

Rooney berencana kembali ke Everton setelah 13 musim membela MU.

Liputan6.com, Manchester - Wayne Rooney dikabarkan segera meninggalkan Manchester United (MU). Dia berniat kembali ke Everton, klub tempatnya mengawali karier.

Selama di Old Trafford, MU menyalip Bobby Charlton untuk menjadi top scorer sepanjang masa MU. Dia menghasilkan 253 gol dari 559 penampilan di seluruh kompetisi.

Meninggalkan Goodison Park sebagai remaja dan kini sudah berusia 31 tahun, banyak yang ragu apakah dirinya bakal memberi efek positif bagi Everton. Sebab, peran dan fisiknya semakin menurun.

Apalagi The Toffees memiliki pemain yang fisiknya lebih bugar di posisi Rooney, yakni Ross Barkley dan muka anyar Davy Klaassen.

Toh prediksi tersebut tidak menghentikan rencana Rooney dan Everton kembali bersatu. Jika benar demikian, kapten MU itu akan mengikuti jejak sejumlah pemain yang pulang kembali ke mantan klub. Berikut tiga nama yang melakukannya di Liga Inggris pada beberapa musim terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

David Luiz

David Luiz. (AFP/Oli Scarff)

Kemampuan Chelsea bernegosiasi dipuji benar karena berhasil menjual Luiz senilai 50 juta pound sterling ke Paris Saint-Germain pada 2014. Hal tersebut dilakukan, sebab pada tiga musim di Stamford Bridge, sosok asal Brasil itu kerap melakukan blunder yang berujung gol bagi lawan.

Dengan pertimbangan tersebut, banyak yang mempertanyakan alasan Chelsea membeli kembali Luiz musim panas tahun lalu. Meski memetik keuntungan, karena hanya membelinya sebesar 34 juta pound sterling, Chelsea dianggap membuat kesalahan.

Namun, Luiz membungkam semua yang melontarkan kritik. Dia membentuk trio tangguh bersama Cesar Azpilicueta dan Gary Cahill, dan membantu Chelsea menjuarai Liga Inggris.

3 dari 4 halaman

Paul Pogba

MU membiarkan Pogba pergi nyaris secara cuma-cuma ke Juventus pada 2012. Mereka gagal meyakinkannya untuk tinggal karena tidak bisa memberi jaminan di tim utama plus peningkatan gaji.

Paul Pogba (Manchester United). (AFP/Oli Scarff)

Bersinar selama empat musim bersama La Vecchia Signora, MU menyadari melakukan kesalahan. Mereka bahkan memecahkan rekor transfer dengan membelinya kembali senilai 89 juta pound sterling tahun lalu.

Pogba membutuhkan waktu sebelum menunjukkan kelasnya. Dia meraih titel Piala Liga Inggris dan Liga Europa demi membantu The Red Devils kembali ke Liga Champions.

4 dari 4 halaman

Cesc Fabregas

Meninggalkan Barcelona dan hengkang ke Arsenal di usia remaja, Fabregas kemudian menjadi nyawa permainan dan pemimpin klub London Utara itu.

Namun, panggilan pulang ke Camp Nou terlalu besar untuk ditolaknya. Dia akhirnya pergi tahun 2011.

Kinerja Fabregas di lapangan sebenarnya terbilang baik. Sayang, penampilannya kerap dikritik. Pada akhirnya Fabregas pergi ke Inggris dan membela Chelsea.

Cesc Fabregas. (AFP/Jose Jordan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Cesc Fabregas adalah pemain sepak bola Profesional asal Spanyol yang sekarang membela Chelsea
    Cesc Fabregas adalah pemain sepak bola Profesional asal Spanyol yang sekarang membela Chelsea

    Cesc Fabregas

  • Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.

    Paul Pogba

  • David Luiz