Sukses

Lukaku, Pembelian Panik MU?

Lukaku baru saja resmi dimiliki MU setelah dibeli dari Everton.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United (MU) berhasil mendapatkan penyerang baru. Setan Merah pada hari Sabtu (8/7/2017) mengumumkan telah sepakat dengan Everton seputar transfer bomber Romelu Lukaku senilai 75 juta pound.

Pemain asal Belgia itu tinggal menjalani tes medis sebelum resmi jadi pemain MU. Tes medis rencananya akan diadakan di Amerika Serikat. Saat ini Lukaku tengah berada di Amerika untuk liburan. Kebetulan MU juga akan segera terbang ke negeri Paman Sam guna melakoni tur pramusim. 

Lukaku disiapkan manajer MU Jose Mourinho untuk menjadi pengganti Zlatan Ibrahimovic. Pemain asal Swedia itu tidak jadi diperrpanjang kontraknya oleh MU akibat cedera lutut parah sehingga harus absen sampai awal 2018.

Keputusan MU membeli Lukaku cukup mengejutkan. Awalnya The Red Devils tak terlalu dikaitkan dengan Lukaku. Eks pemain Anderlecht itu santer dikabarkan akan dipulangkan oleh Chelsea.

MU lebih sering dikabarkan akan merekrut penyerang Atletico Madrid Antoine Griezmann. Setelah Griezmann memutuskan bertahan, MU kemudian mengalihkan bidikan kepada bomber Real Madrid Alvaro Morata.

Morata juga sudah sepakat pindah ke MU. Eks pemain Juventus itu berharap bisa resmi jadi pemain MU sebelum menikah akhir Juni lalu.Lukaku Bukan Buruan Utama MU (AFP)

Sayangnya MU gagal merayu Real Madrid untuk melepas Morata. Belum jelasnya masa depan Cristiano Ronaldo turut andil membuat Madrid menunda keputusan soal Morata.

Akibat digantung Madrid, MU kemudian bergerak cepat mencari penyerang lain hingga akhirnya memilih Lukaku. Mourinho memang menargetkan MU mendatangkan striker baru sebelum MU tur pramusim di Amerika Serikat.

Pembelian Lukaku yang cukup mendadak ini menimbulkan tanda tanya besar. Ada yang menduga MU panik karena tak kunjung mendapatkan pengganti yang tepat untuk Ibrahimovic.

Dugaan ini bukan tanpa alasan. Mourinho pernah membuang Lukaku sewaktu masih melatih Chelsea. Mourinho ketika itu meminjamkan Lukaku ke Everton pada musim 2013-2014. Lukaku Pernah Dibuang Mourinho (AFP)

Meski tampil menjanjikan bersama Everton, Mourinho tidak mau memakai jasa Lukaku musim berikutnya. Mourinho malah mengizinkan Everton untuk mempermanenkan pemain 24 tahun itu.

"Saya sendiri berpikir dia bukan berada di puncak daftar pemain yang ingin dibeli Manchester United. Yang saya pikirkan adalah musim panas sudah berlangsung dan tidak terlihat apa-apa di aktifitas transfer Manchester United," kata pengamat sepak bola Alejandro Moreno.

"Jadi mereka mungkin berpikir 'Sebentar, jika kita harus membayar ekstra untuk pemain ini, kita harus mencari seorang pemain lain yang kita pikir bisa mencetak gol bagi kita. Meskipun dia [Lukaku] bukan pilihan utama kita, maka kita harus mengejar seseorang." lanjut Moreno.Lukaku, Dianggap Pembelian Panik (AFP)

Pendapat berbeda diutarakan legenda MU Gary Neville. Pria yang sekarang menjadi komentator sepak bola itu justru yakin Lukaku pembelian tepat dan akan makin bersinar bersama MU.

"Ia sangat berbakat dan saya pernah melihatnya menghancurkan pertahanan, tapi secara pribadi saya tak pernah menjadi pengagumnya. Namun ia akan mencetak banyak gol," tulis Neville di akun Twitter-nya.

"Ia kalah dalam banyak pertandingan yang saya lihat. Tapi dengan tim + pemain yang lebih baik di sekelilingnya, ia memiliki kesempatan lebih baik dalam pertandingan besar," sambung Neville.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Romelu Lukaku adalah pemain sepak bola profesional Belgia yang bermain di klub Everton sebagai penyerang / striker.
    Romelu Lukaku adalah pemain sepak bola profesional Belgia yang bermain di klub Everton sebagai penyerang / striker.

    Romelu Lukaku

  • Formasi