Sukses

Timnas Indonesia U-16 Gagal ke Semifinal Piala AFF U-15

Timnas Indonesia U-16 sudah tak memiliki peluang untuk finis sebagai runner-up Grup A Piala AFF U-15.

Liputan6.com, Chonburi - Timnas Indonesia U-16 gagal mendapatkan modal bagus untuk melaju ke semifinal Piala AFF U-15 2017. Melawan Australia di Chonburi Campus Stadium 1, Kamis (13/7/2017), timnas U-16 takluk 3-7.

Pada awal pertandingan, Australia yang mencoba menekan timnas Indonesia U-16 lewat penguasaan bola. Namun, justru timnas U-16 yang membuka keunggulan lebih dulu saat laga baru berjalan tiga menit.

Adalah Amiruddin Bagus Kahfi yang menjebol gawang Australia kawalan Jamie Signorello. Setelah membawa bola dari sisi kiri, ia melanjutkannya dengan tendangan yang melewati kedua kaki kiper Australia.

Tak butuh waktu lama bagi timnas U-16 untuk menambah keunggulan. Bagus yang kembali mencatatkan namanya di papan skor. Setelah menerima umpan, ia sukses menggiring bola dan menceploskannya ke gawang Australia.

Tak tinggal diam, Australia juga melakukan perlawanan. Trent Ostler memperkecil ketertinggalan pada menit sembilan. Tak sampai semenit, Australia bahkan sudah sukses menyamakan skor. Lucunya, Australia berbalik unggul menjadi 3-2 lewat tendangan Lachlan James Sepping pada menit ke-12.

Setelah unggul, Australia semakin nyaman menguasai pertandingan. Bahkan pada menit ke-23 mereka nyaris memperlebar keunggulan menjadi 4-2. Namun, sepakan Ostler masih membentur tiang atas gawang timnas U-16 kawalan Ahludz Dzikri Fikri.

Australia semakin di atas angin setelah memperbesar keunggulan pada menit ke-30. Tim asal Negeri Kangguru itu unggul 4-2 berkat gol tendangan Noah Vinko Botic. Tak mau kalah, Birkan Kirdar juga ikut mencetak gol pada menit ke-35. Ia memaksimalkan crossing Ostler lewat tandukannya.

Australia memiliki banyak peluang untuk mencetak gol keenam ke gawang timnas Indonesia U-16. Namun, keunggulan 5-2 mereka tak berubah hingga babak pertama berakhir. Bagi timnas U-16, mencetak empat gol balasan untuk memenangi laga jelas menjadi tugas yang sulit.

Saksikan video menarik berikut ini:



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Penderitaan timnas U-16 belum berakhir di babak pertama. Di babak kedua, Australia kembali menunjukkan kedigdayaannya. Mereka sudah mampu memperbesar keunggulan menjadi 6-2 lewat aksi Ryan Teague.

Timnas U-16 sempat menciptakan asa untuk membalikkan keadaan. Bagus mencatatkan hattrick usai mencetak gol pada menit ke-63. Sayang, gawang timnas U-16 kembali bergetar usai Stephan Christopher De Robillard mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-65.

Menit ke-80, timnas U-16 mendapatkan hadiah penalti setelah pemain Australia melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Sayang, kesempatan itu gagal dimanfaatkan David Maulana yang maju sebagai eksekutor. Arah bola tendangan David mampu dibaca kiper Australia.

Timnas U-16 terus berjuang hingga menit-menit terakhir. Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan bubar.

Dengan hasil itu, akan mustahil bagi timnas U-16 melaju ke semifinal. Itu karena timnas U-16 terpaut enam poin dari Myanmar yang menempati posisi kedua Grup A. Myanmar sendiri masih akan bertemu Australia yang kini menempati posisi ketiga. Apa pun hasilnya, timnas U-16 tak akan mampu mengejar poin Myanmar atau Australia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.