Sukses

Zarco Pembalap Debutan MotoGP Terbaik Setelah Marquez

Marquez menjalani debut MotoGP pada 2013 dan berhasil menjadi juara dunia.

Liputan6.com, California - Pembalap Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco dinilai Randy Mamola merupakan pembalap debutan MotoGP terbaik musim ini. Namun, legenda 500cc itu menilai performa Zarco masih kalah dari Marc Marquez saat melakukan debut di MotoGP.

Marquez menjalani debut MotoGP pada 2013. Pembalap asal Spanyol itu langsung keluar sebagai juara dunia dengan mengemas 334 poin. Dia juga mencatatkan enam kemenangan pada musim perdananya.

Sementara Zarco baru sekali naik podium di MotoGP 2017. Namun, pembalap asal Prancis itu sudah merepotkan pembalap-pembalap papan atas, seperti Valentino Rossi, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, Dani Pedrosa, hingga Marquez.

"Banyak yang mengeluh dengan gaya balap Marquez yang terlalu agresif di MotoGP 2013. Namun setelah itu, dia menjadi juara dunia pada tahun pertamanya," kata Mamola, dikutip dari Motor Sport.

"Zarco juga menjadi magnet kritik karena sering bertarung di posisi terdepan, melawan Rossi dan pembalap-pembalap top lain. Mereka harus terbiasa dengan situasi ini. Zarco tidak mendapat perhatian jika dia bertarung untuk posisi ke-10," ujarnya menambahkan.

Pria berusia 57 tahun itu tak ragu menyebut Zarco menjadi rookie terbaik MotoGP musim ini. Mamola kagum dengan adaptasi Zarco yang sangat cepat setelah dua musim sebelumnya bermain di Moto2.

"Zarco sudah dua kali menjadi juara dunia Moto2. Dia tahu apa yang harus dilakukan, meski motornya sangat berbeda dengan sebelumnya," ujar pria asal Amerika Serikat tersebut.

"Saya ingin mengatakan, adaptasinya ke MotoGP sudah lebih baik dan natural daripada beberapa rivalnya. Banyak yang tidak mengira Zarco mampu menghasilkan performa-performa yang brilian," ucap Mamola mengakhiri.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.