Sukses

GPN 2017 Sudah Tiba di Sorong

Diperkirakan akan ada 1.000 peserta yang ikut GPN 2017 di Sorong.

Liputan6.com, Sorong- Sorong menjadi kota terakhir di tanah Papua yang akan dilewati tim pesepeda Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017. Sejumlah pegowes akan tiba pada Sabtu (15/7/2017) pagi ini untuk mendukung salah satu program andalan Kemenpora, Ayo Olahraga!.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Kota Sorong sekaligus panitia GPN 2017
Very M.R. Sambuaya mengklaim bahwa peserta yang sudah terdaftar sekitar 600 orang. Very optimistis bisa mencapai target 1.000 peserta yang ditentukan pihak Kemenpora pada penyelenggaraan nanti. 

"Target dari Kemenpora 1.000 peserta, kami optimistis tercapai target tersebut karena kami masih terus membuka pendaftaran hingga hari pelaksanaan. Pendaftaran gratis tidak dipungut biaya," ujar Very, Jumat (14/7) kemarin.

Ajang GPN di Sorong akan menempuh rute sepanjang 13 kilometer. Rute tersebut nantinya sekaligus akan mengeksplorasi pesona Kota Sorong.

"Rutenya kita sudah tentukan, startnya di lapangan hocky menuju pantai Lido, pasar tradisional Boswesen, kilang minyak peninggalan Belanda, masjid pertama di sorong Masjid Al-Jihad, dan gereja pertama di Sorong Gereja Salom, kemudian finis di depan kantor Wali Kota," terang Very.

Sementara itu, Kemenpora yang diwakili Deputi Peningkatan Prestasi Edi Nurindra mengatakan persiapan GPN 2017 di Sorong sudah matang. Program GPN 2017 ini menurutnya sebagai stimulus untuk mengembangkan olahraga di Tanah Air.

"Pada dasarnya sudah matang, Menpora Imam Nahrawi sudah memutuskan kegiatan ini harus berjalan sesuai tanggal yang telah ditentukan di semua daerah. Intinya kita menstimulus suatu daerah untuk mengembangkan olahraga melalui Gowes Pesona Nusantara ini," ujar Edi yang menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Teknologi dan Kesehatan Olahraga Nasional (PP ITKON) Kemenpora.

Ia pun berharap pelaksanaan GPN 2017 di kota terakhir tanah Papua ini berjalan semarak. Pasalnya, selain untuk menjalankan semboyan "Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat" seperti yang sering digadang Menpora, kegiatan ini sekaligus bisa mengapresiasi masyarakat Sorong untuk mengangkat pesona daerahnya.

"Ayo kita olahraga melalui GPN 2017 ini sekalian menonjolkan pesona daerah. Harapannya masyarakat Sorong bisa terapresiasi dan menyambut baik acara ini agar bisa berbondong melaksanakan aktivitas Gowes Pesona Nusantara dan membangkitkan semangat mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga," pungkas Edi.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.