Sukses

Marquez dan Pedrosa Turun ke Jalan Lindungi Pengendara Sepeda

Marc Marquez dan Dani Pedrosa mengiris waktu luang dengan kegiatan sosial.

Liputan6.com, Catalunya - Dua pembalap Spanyol, Marc Marquez dan Dani Pedrosa mengisi kekosongan jadwal MotoGP dengan kegiatan sosial. Kedua pembalap Repsol Honda itu, ambil bagian dalam kampanye keselamatan bersepeda di Negeri Matador.

Spanyol selama ini dikenal sebagai negara ramah sepeda. Selain memiliki jalur khusus , Negeri Matador juga terkenal dengan layanan penyewaan sepeda-nya.

Dalam lima tahun terakhir jumlah pesepeda di Spanyol mengalami peningkatan yang pesat. Lebih dari 3 juta masyarakat memilih mengendarai sepeda setiap hari.

Meski kebanyakan orang berpikir kendaraan ini sangat aman, namun tingkat kecelakaan terhadap pengendara sepeda ternyata masih tinggi. Dari data Direktorat Jenderal Lalu Lintas (DJP) Spanyol pada 2016 tercatat 67 pengendara sepeda tewas, 736 mengalami luka-luka, dan dirawat di rumah sakit akibat kecelakaan lalu lintas di Spanyol.

Demi menekan jatuhnya korban, Marquez dan Pedrosa bersedia turun ke jalan. Bersama atlet sepeda asal Spanyol Toni Bou, Takahisa Fujinami dan Jaime Busto, mereka ikut mengampanyekan keselamatan pengendara sepeda di Spanyol.

Tim Honda yang bekerja sama dengan DJP akan membagikan 60.000 pita reflektif secara gratis sebagai bentuk keselamatan pengendara sepeda hingga 6 Agustus mendatang. Kampanye ini bertepatan dengan operasi lalu lintas khusus musim panas.

"Hidup bukanlah perlombaan. Kita seharusnya sabar saat bertemu dengan pengendara sepeda di jalan," pesan Marquez dikutip dari ABC Sociedad, Minggu (16/7/2017).

"Kurangi kecepatan saat bertemu dengan pengendara sepeda, maju dengan hat-hati, dan berikan jarak setidaknya lima kaki dengan pengendara di depan," sahut Pedrosa.

(David Permana)

Saksikan juga video menarik lainnya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.