Sukses

Kisah Pegowes Muda di PGN yang Berawal dari Sepatu Roda

Pegowes paling muda di Pesona Gowes Nusantara (PGN) ini memulai karier dari atlet sepatu roda.

Liputan6.com, Bengkulu - Menjadi bagian dari tim touring Gowes Pesona Nusantara 2017 disyukuri betul oleh Gita Widya Yunika. Pesepeda 16 tahun ini makin yakin pada olahraga yang membuka peluang dirinya lebih berprestasi.

Dari 15 pegowes di tim touring, memang Gita yang jadi anggota termuda. Bukan hanya itu, ternyata perempuan asal Sidoarjo, Jawa Timur tersebut belum lama memutuskan untuk terjun sebagai atlet sepeda.

Setahun lalu, nama Gita masih tercatat atlet sepatu roda mewakili Kalimantan Timur di PON XIX 2017 Jawa Barat. Selain cabor sepatu roda, dia juga akan jadi wakil Indonesia di cabor ice skating dalam ajang SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

"Saya ditawari ikut Gowes Pesona Nusantara ini padahal saya habis jatuh dan sedang istirahat tahun ini. Tapi daripada tidak ada kegiatan jadi saya terima. Sekarang malah bisa punya kesempatan melihat daerah wisata," kata Gita.

Kecintaan Gita pada sepeda bermula saat dirinya masuk dalam program latihan jelang PON. Dia mengaku hobi bersepeda dari rumah ke tempat latihan.

"Saat ada lomba saya coba ikut. Malah dapat juara pertama dua kali dan sekali peringkat tiga. Dari situ mau main sepeda saja lah, gak mau main sepatu roda lagi," tutur Gita kepada Liputan6.com.

Tapi menjadi pegowes untuk program pemerintah jelas berbeda dengan kebiasaan di arena balap. Saat menjalani touring dari Sabang, Aceh dirinya banyak belajar di Gowes Pesona Nusantara.

"Saya masih baru di sini. Karena hobi kebut-kebutan, saya suka sebel, emosi sendiri karena kami cuma jalan santai dan dituntut menjaga kebersamaan dalam formasi," kata Gita.

"Saya suka sekali tiap kali sampai di tempat indah. Saya jadi banyak pengalaman dan bisa bertemu saudara -saudara di perjalanan," kata Gita.

Saat ini Gita dan 14 pesepeda dari tim Gowes Pesona Nusantara 2017 sudah tiba di Bengkulu. Mereka akan melanjutkan perjalanan ke Palembang pada Sabtu (16/7/2017) siang.

Sejak berangkat dari Sabang, Aceh tim Gowes Pesona Nusantara 2017 sudah menempuh jarak 1300 kilometer lebih. Perjalanan bakal berakhir di Magelang, Jawa Tengah pada 9 September 2017 atau tepat di Hari Olahraga Nasional.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.